Begini Jadinya Yamaha Scorpio 2005, diubah Ala BMW R27…

from pio to bmwr27

stangstir.com-Yamaha Scorpio memang fleksibel digunakan sebagai bahan motor modifan. Ini diyakini oleh  Arief Mulyadi, seorang warga Depok yang juga owner Pio keluaran 2005.  Singkatnya Andre, begitu dia disapa ingin Pio nya tampil ganteng dan sangar.

Alhasil berbagai referensi sekaligus bengkel rujukan sebagai coba dicari untuk memodifikasi motornya. Pilihannya jatuh ke gerai Tauco Custom Motorcycle di bilangan Tanah Baru Beji Depok, yang dikomando oleh Topo Guedel Atmodjo.

Singkatnya Pio  Andre ingin dimodifikasi yang mengarah ke motor klasik. Pilihannya  mengarah ke BMWR27. Alasannya simpel, karena Pio ini motor kesayangan, dan mesti terpasang simbol atau logo NFS (Nafas Andre) yang konon adalah akronim dari 3 nama anak nya.

“Logo itu mesti ada berikut penerapan benerapa asesoris custom seperti knalpot,tas kulit dan juga emblem khusus, sehingga motor ini mengejawantahkan simbol seorang Suami atau laki laki idaman masa kini sekaligus masa depan,” ujar Topo sang builder pada stangstir.com.

Nah proses ubahan atau modifikasi lalu dijalani. Diantaranya ubahan subframe, dan jarak sumbu roda yang biasa berpengaruh terhadap hasil akhir secara keseluruhan. Pasalnya panjang atau jarak sumbu roda adalah kunci kenyamanan yang akan didapat,dimana ubahan itu boleh dilakukan  namun masih dalam batas ideal.

“Tidak terlalu panjang yang tujuannya mengejar bentuk aslinya. Belajar dari pengalaman bila ekstrem yang dilakukan malah dipakai tidak nyaman dan cenderung susah belok dan kaku untuk manuver. Karena memang dirancang bukan untuk motor display, tapi buat kebutuhan harian atau daily use. Intinya gini modifikasi itu fleksibel, dan harus jelas menjawab kebutuhan. Artinya  ada nilai khusus yang didapat, selain estetika yang didapat, utamanya tetap  fungsi dan nyamannya bisa terwujudkan,” papar Topo yang buka gerai di Jalan Sama Berkah 121 Tanah Baru Beji Depok .

Untuk urusan bentuk bodi diklaim Topo ada beberapa segment khusus yang terlihat unik, seperti jok yang dibikin sendiri dan fitur kecil yang ditekan kan sebagai detail bodi macam selongsong shock yang mengcover as dan tabung nya untuk mengkamuflase bentuk aslinya yang sebenarnya model  springer .

Hasil akhirya begini. Terkesan montok, padat dan berisi. Ini  terlihat dari harmonisasi bodi kit yang di rancang dari plat galvanis 0,9 mm, ciri khas Tauco Custom Motorcycle.

Oya mesin juga dioprek bro. Info dari Topo, upgrade secara total dilakukan dengan bore up piston 72mm  dari BRT berikut pengapian set nya.  Tidak lupa tindakan porting polish seperti mengganti nokes as yang juga product BRT. Termasuk suplay bahan bakar yang digawangi oleh  karburator PE 28. Satu lagi biar makin mantap,  knalpot custom double silencer full system diaplikasi.

Segenap proses Pio menjadi R27 ini, diperlukan waktu selama 3 bulan dengan total dana Rp 30 juta .  Pie menurutmu bro tampilan R27 dari pio ini, Mantap gak?.         admin/dokTopo

spek modifikasi- Shock depan : yamaha Byson original – Shock belakang : Variasi Ride it  34 – Lampu depan : Daymaker spider 7 inchi- Stang: Camar 16 – Tutup tangki : Pop up  type – Spidometer : Gorilla digital – Lampu blkng : variasi aftermarket- Lampu sein : variasi jalu + variasi aftermarket- Knalpot : dauble silencer WRC racing muffler- Jok + tas  kulit : Bakti Leather- Bodi full set. : plat galvanis Tauco Custom Motorcycle – builder: Tauco Custom Motorcycle, jalan. Sama Berkah no 121 Rt 1  Rw 12. Tanah Baru Beji Depok, 0822 9801 3322