Cukup Isuzu Panther Sebagai Sarana ‘Dolan Adoh’!

stangstir.com-Lihat unitnya, jelas ini Isuzu Panther Total Assy lansiran 1993. Sebuah mobil yang punya tagline ‘Rajanya Diesel’ dan saat ini sudah diskontinyu.

Jelas juga bukan terlahir sebagai mobil berpenggerak 4×4. Hanya 4×2. Namun di tangan pemiliknya, Henry Wijaya Leak, unit Panther hitam ini sudah dipaksa sampai batas limit nya. Bahkan sering dipaksa  lebih dari kemampuannya. Waduh…

mainnya jauh….

Yup beneran. Pasalnya biasa digunakan buat menerobos jalanan yang kadang tak lazim. Alias bukan aspal Ya karena Jaya sapaannya, doyan main jauh, alias ‘dolan adoh’.  Kebetulan pula pekerjaannya berkaitan dengan proyek-proyek luar Jawa. Nah Panther Hitam ini lah yang menemani.

Kenapa enggak pakai mobil penggerak 4×4 aja ya. Atau dimodifkasi jadi gardan ganda. “Saya kira karena masih bisa dengan kondisi seperti ini, ya seperti ini dulu. Saya malah lebih bangga bila mobil ini, cukup seperti ini saja. Enggak lantas jadi 4×4 hanya untuk sebuah tyle atau gaya aja,” yakin Jaya.

Namun demikian mendukung hobi juga pekerjaannya, perlu disentuh modifikasi. Ubahan awal fokus dibuat jangkung maksimal. Ini bisa dilihat dari tampilannya. Yang tampak menggunakan ban Hancok ukuran 30 lingkar 15.

Bodi lift dijejalkan di antara sasis dan bodi. “Tingginya sekitar 15 cm bahannya cukup besi pipa,” yakinnya.

lebih jangkung daripada panther standard

Pria yang juga biasa doal jauh dengan motor Honda Grand yang dimodifkasi siap itu nambahin, bahwa dapur pacu di swap dengan engine Panther 2.5. Namun begitu girbok atau peranti transmisi tetap bawaan mesin 2.3. Pun gardan belakangnya juga pakai bawaan lahir.

“Malah dari situ torsi low nya dapat. Final gir 9.41 terbukti masih siap dijak dolan,” senyum Jaya yakin.

Oya mesinnya dulu juga pernah dijejali komponen turbo. Namun akhirnya dilepas karena dibeli rekannya. Wealah….

Eh hampir lupa. Sebagai pendukung dolan jauhnya, beberapa peranti ditambahkan. Diantaranya roffrack custom. Yang bagian atasnya terlapis kayu. Tujuannya, bisa dipakai tiduran. Hehehehe..

Lantas bagian interior nya, walah tampak simpel. Dasbornya dicopot. Namun di itu tetap tertanam AC yang dingin. Ada pula Radio amatir FT 300 Yaezu. tertanam pula Inverter 400. Yang intinya siap menemani Jaya pas dolan adoh…

Hem begitu ya…-admin/dok-

foto lainnya