Wow, Begini Nih Kalau Body Mobil Di Mural Dengan Cat Tembok…

hasil mural pada bodi mobil

stangstir.com-Mobil nya sih biasa ajah. Sebuah unit Nissan Sunndy standar. Entah lansiran tahun berapa.  Yang jelas, info dari ownernya, yakni AM.Com di Gemolong Sragen, mobil ini lama nganggur akhirnya coba dibenahi dan jalan.

Jujur aja, yang menarik bukan label mobilnya.  Namun, corak decal sticker yang berada di bodi mobil tersebut. Hus, salah gaes, itu buka lapisan sticker. Namun hasil karya Mural. Yup Mural dengan media body mobil.

Ya karya mural. Karya biasanya ada pada tembok, atau dinding, biasa ditemui di jalanan serta membawa pesan tertentu. Kali dini sukses dieksekusi oleh  2 orang artist atau seniman asal Gemolong, Sragen. Lebih tepatnya sebuah hasil kolorasi. Wow…

Bisa begitu, karena  pada hasil akhi, 2 sisi bodi mobil (kiri dan kanan) berbeda gambarnya. Bukan hasil decal sticker. Kalau itu ah biasa kalee.  

gambar sisi kanan ini

Wes kenalan dulu deh, sama John Rio dari Razor, yang biasa garap olahan mural, pinstriping dan lainnya.  John, betitu sapaannya mengaku, karya tersebut diolah bersama seorang rekannya, yang dipanggil Brotosaurus. Hasil akhirnya wedyan, or mantap. 2 sisi bodi mobil, antara kiri dan kanan terlihat berbeda.

Singkatnya John garap sisi kiri dan rekannya Brotosaurus, mengolah bagian kanan mobil. Alhasil hasil kolbas itu suguhkan nuansa beda . Walau konsep temanya, merupakan sebuah kolabs,

“jujur nih, awal hanya iseng, karena kami dari Gemolong Mural biasa garap mural. Lalu ada kawan yang kasih media sebuah mobil. Ini tantangan dan kami sanggupi,” bilang John sambil sebut bahwa tema kolaborasi untuk Nissan ini adalah Surga dan Neraka. Wuih .dalem banget ya temanya.

belakang

Tujuan tema tersebut sederhana kata John, bahkan romantis. Tujuannya  supaya mengingat bahwa sebagai mahluk Tuhan akan ingat akan hal tersebut, nanti. begitu ya.

Anyway, busway atau apalah, proyek berjalan. Diawali menyiapkan media gambarnya. yakni bodi mobil dihilangkan lapisan klirnya dulu. Dilanjut dengan men sket bodi mobil. Serta eksekusi. mengunakan cat tembok merk tertentu dengan kuas beragam ukuran sesuai kebutuhan. “Untuk detil saya gunakan kuas yang biasa dipakai pinstripe ukuran 0,2,” potong John.

Detilnya, wah keren banget. Baik kiri dan kanan. Kalau kiri garapan John cenderung kombinasi warna kontras. Serta detil garis yang rumit. Sedangkan sebelah kanan, garapan Brotosaurus tampak soft dan detil pada sosok wajah samping  seorang wantia. Bahkan detil sepatu yang merknya ngetop di kalangan anak muda, tergambar detil. Realis banget . Kata John, itu sepatu yang dulu selalu digunakan Brotosaurus.

Yang pasti baik sisi kiri dan kanan membuat yang liat pasti akan berpikir dan lanjut komentar. Silahkan nilai sendiri deh, bebas kog.

Namun yang patut dicatat, itu tadi soal bahan cat tembok yang digunakan, apakah awet bila mobil kerap kena panas  dan hujan. Eh dinding mural itu awet kog. Namun itu kan diatas media tembok bukan sebuah bodi mobil…

“Soal awet, ah mobil ini biasa diparkir di jalan. Kena hujan panas, sudah biasa. Soal prosesnya butuh waktu selama 2 bulan,” tutup. John yang melanjutkan bahwa finishing terakhir adalah akan diklir. Tujuannya supaya lebih awet lagi.

Ngomong-ngomong kenapa enggak semua bodi dicat ya? Ah itu ada alasannya. Katanya supaya bila ditatap dari depan, mobil ini tampak biasa. namun akan luar biasa bila diamati dari sisi kiri dan kanan serta belakang.

Konon setelah rampung nya proses ini John dan Brotosaurus punya harapan akan bikin mural pada bus. Ah tinggal nunggu partisipan yang ngijinin bodi bus nya dicat ya. -admin-

foto lain