Keseruan Balap Tahun Baru dan Pesta kembang Api VSC Old & New Year Nite Race, Enggak Tergelar, Pasti Tau Kan Penyebabnya…

tahun ini ajang tersebut gak tergelar...harap dimkalumi

stangstir.com-Mengingat pergantian tahun lalu yakni tahun 2019 ke 2020, stangstir.com sudah standby di Jogjakarta. Dan pastinya diniatkan begadang semalaman bersama rekan media lain, dengan pembalap, penonton pun VSC selaku penyelenggara VSC Old & New Year Nite Race, yang sudah menjadi agenda tahunan. Dimana kami selalu tak melewatkan meliput balap motor tahun baru tersebut di sirkuit Mandala Krida Jogjakarta.

Sedikit melihat ke belakang, balap roda dua tersebut sudah digeber sejak tahun 2000 silam. Penggagasnya tak lain Najib M Saleh, bos VSC.

Ajang tersebut selalu berhasil mendatangkan penonton. Selain sajikan pertarungan pembalap motor di sirkuit, pesta kembang api pas pergantian tahun, selalu jadi suguhan yang selalu dinanti….

absen ya…

Eitz coba diinget deh.  Tahun lalu menurut data yang ada, 5000 tiket terjual ludes. Jumlah stater yang ikut gas pol turun gelanggang juga uakeh.. Saat itu kail 350an  stater dengan 23 kelas yang dibuka. Kelas-kelas yang dibuka  diyakini seperti mengakomodir maunya peserta. Misalnya aja, balap vespa, dibukan di event itu, pun balap motor bebek 2 tak yang masih punya banyak penggemar itu, juga dibuka..

Sehingga tak heran event tersebut selalu menjadi rujukan pembalap dari segala penjuru tanah air. Pemilik team balap yang mungkin lagi cari bibit pembalap baru, atau lagi ngetest pembalap anyarnya, juga nongol di lokasi. Pun pebengkel yang lagi uji coba setingannya  dan penggembira alias rombongan keluarga dan kru yang sekalian mau tahun baruan di sirkuit Mandala Krida. Intinya paddock penuh, lokasi penonton pun juga penuh… Walau hujan turun pun, ah enggak dianggap deh…Hehehe

Ah tak hanya itu, tak jarang event andalan VSC tersebut berhasil menelurkan pembalap . Coba tengok data lagi, event ini seperti punya cerita terkait lahirnya pembalap . Diantaranya Doni Tata, maupun Galang Hendra pernah gas pol di ajang ini. Wuih mantep kan.

“Iya, saya rintis  sejak tahun 2000, rata sekitar 350 sampai 400 starter mas, kelasnya sekitar 20 an,” ujar Pak Najib sapaannya, saat dihubungi stangstir.com.

tahun ini enggak ada pesta kembang api la eventnay gak tergelar…

Namun sayangnya. Adanya pandemi covid-19, yang mulai merambah tanah air dari sekitar bulan Mei 2020 sampai saat ini, event yang ke 21 tahun ini kena imbasnya. Bayangan keseruan malam tahun baru, hilang alias enggak ada.

Akibat adanya larangan untuk berkumpul di malam pergantian tahun, .Pasti tau kan penyebabnya. Yakni pandemi covid-19. Yang ditengarai atau dikawatirkan malah menambah jumlah korban dari virus sialan itu. Dan tak hanya di event itu aja tapi semua…Intinya kemeriahan tahun baru yang akan menimbulkan kerumunan masa, dilarang…

Alhasil  VSC Old & New Year Nite Race tahun ini enggak ada alias tak tergelar. Enggak ada raungan motor saat start dan geber di lintasan serta kemeriahan malam dengan pesta kembang api yang legend itu. Penyelenggara atau VSC pun tak bisa  berbuat banyak.

Akhirnya kita semua hanya bisa berharap semoga pandemi segera berlalu. Dan kehidupan kembali sedia kala walau saat ini lebih kepada kehidupan New Normal.. Begitu ya. Ah,.. Selamat tahun baru 2021..-admin/dok-