Mampir Pameran Arsip & Kirab Agung Alat Transportasi Bersejarah 2020, Ada Apa Aja?

mobilnya beragam dan menyim[an sejarah juga

stangstir.com-Pameran Arsip & Kirab Agung Alat Transportasi Bersejarah 2020 digelar pada komplek gedung Grhatama Pustaka dan Depo Arsip DPAD DIY.  Temanya nya pun mantap, yakni Meniti Arsip  dan Menelusuri Peran Alat Transportasi Bersejarah, untuk Membangun Marwah.

Buat tau, pameran tersebut sudah dimulai pada Jumat (20/11) lalu dan akan berakhir sampai Jumat (27/11) nanti. Nah mumpung masih ada waktu nih, buat anda bisa mampir dan lihat-lihat kesana. Apalagi tak ada tiketing untuk masih kesana alias free. Wuih sip nih.

Namun bukan itu aja sih, tetapi adanya sejumlah unit mobil klasik  yang dipajang pada pameran tersebut. Yang sangat beragam dan dalam keadaan yang mulus terawat.

Berdasar informasi  penyelenggara acara tersebut adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

“Intinya melestarikan arsip, mainset nya arsip itu tak hanya tulisan namun juga menghadirkan fisik arsip yaitu mobil klasik. Diantaranya ada 11 mobil eks presiden RI 1. Seperti Chrysler 1947 Limousine, Buick Super tahun 1949, Chevrolet tahun 1948, Oldsmobile 1964,  Cadillac Fleetwood tahun 1957 , dan lainnya,” papar Basoenondo, kurator yang dilibatkan pada kegiatan tersebut pada  stangstir.com.

mobilnya beragam

Intinya tak hanya mobil itu aja, juga ada  mobil klasik pendamping lainnya. Total sekitar 60-an mobil.

Masih menurutnya, adanya kegiatan tersebut menandakan Jogjakarta kondusif dan ideal buat kegiatan tersebut.. Namun karena diselenggarakan pada masa pandemi, protokol kesehatan juga dilakukan. Sejumlah pembatasan pengunjung dilakukan.

pas kirab, foto/dok

“Makanya tak mempublikasikan secara besar-besaran Karena kami tak mau mengundang kerumunan berlebihan. Lagian target kami bukan banyak-banyak pengunjung namun pameran arsip,” lanjut Pak Nondo sapaannya.

Selain pameran, mobil antik tersebut juga sempat melakukan kirab. Alhasil tak hanya melihat fisik mobil-mobil klasik yang menawan namun pembelajaran terkait sejarah bisa diperoleh dari adanya pameran tersebut. Mantap wis…-Admin/dok-

foto lain