Penasaran, Yang Bikin Singkatan Dan Mempopulerkan Di Awal, Siapa ya?

dokist

stangstir.com-Mengintip dunia media sosial (medsos), sebut saja marketplace jual beli (jubel) motor, sering ketemu, singkatan atau istillah yang terkait jubel tersebut. Diantaranya nih YP, Zonk, NP, FP, TT, BT, ST, Surat Sebelah. PLN dan lainnya.

Ternyata tak semuanya paham tuh istilah tersebut. Karena masih ada yang menanyakan arti singkatan tersebut. Yang jelas banyak juga yang menjawab  atau merespon memberikan jawaban.

Contohnya di postingan Fathjar Arhie Yanthwo pada grup Jual beli Motor bekas Plat AD (facebook) dibawah ini

sumber facebook, grup ual beli motor bekas plat AD

Apip Ramadhan seorang pelaku bengkel motor dan jubel di medsos kasih info terkait singkatan ataupun istilah itu. “YP itu Yatim Piatu, artinya motor tersebut tanpa surat. Sama juga dengan istilah Zonk, NP atau No Papper. TT itu tukar tambah. BT barter, ST itu hanya stnk aja maksdunya enggak ada BPKB. Surat Sebelah, itu bisa aja, BPKB aja, atau STNK aja. Atau STNK nya cuma selembar. Los-losan bisa aja barter tanpa tambah uang. PLN DB, itu lampu nyala cuma depan belakang,” papar Apip yakin.

Condro dari Berkah Dalam garage, pemain jubel motor lawasan juga mengiyakan terkait adanya singkatan tersebut. “Kebanyakan kalau di lapak saya paling istilah NP No Paper atau tanpa surat, dan FP atau  Full paper  maksudnya suratnya komplit,” katanya.

Namun begitu baik Apip dan Condro mengatakan mereka tau isitilah itu dari dunia market place, atau jual beli khususnya motor, di medsos..

Nah ngomong-ngomong siapa sih yang ciptakan atau bikin isitilah singkatan begitu ya?. “Wah kalau yang itu saya enggak tau. Taunya ya karena aktif jualan di market place aja,” bilang Apip lagi.

Pun begitu dengan Condro, dia juga enggak tau. …Oh yang penting paham artinya ya…-admin/dokfacebook-