Buat Pengguna Motor, Saat Musim Hujan Boleh Persiapkan Ini…

kondisi lampu dicek, jangan sampe mati

stangstir.com-Masuk musim penghujan seperti sekarang, sepertinya ada baiknya kalau  prepare lagi terkait motor harian yang biasa digunakan. Tujuannya apalagi kala bukan keselamatan, kenyamanan kita juga orang lain sesama pengguna jalan. Bener enggak…

Nah terkait hal tersebut, mungkin sejumlah tips dari bengkel Audis Motor (AM) bisa diterapkan. Tips ini diinformasikan oleh Audis, punggawa Audis Motor, saat dijumpai di bengkelnya daerah Pandean Boyolali.

mantol nih, jangan lupa dibawa..

Menurut Ari, ada beberapa poin penting yang perlu diprepare bila menghadapi musim penghujan. Yang pertama seyogyanya membawa mantol hujan di motor. Tujuannya bila hujan dan dibutuhkan riding, tetap bisa dilakukan kan.

ban begini sebaiknya ganti lah…

Selanjutnya mungkin bisa dimulai  mengecek tekanan angin ban. “Untuk tekanan angin Bisa pakai tekanan 20 psi depan dan 25 psi belakang. Kalau jalan kering atau tak hujan bisa pakai 25 psi depan 30 psi belakang. Tujuannya traksi ban bisa berfungsi semputna. Tips itu bisa buat motor matik atau sport,” yakin Ari, sembari menambahkan bahwa kondisi alur ban juga dicek. Bila sudah gundul, ya diganti bannya.

Selanjutnya sistem pengereman juga dicek supaya tetap prima. Pasalnya kalau rem tak berfungsi sempurna, sangat mempengaruhi keamanan berkendara. Deteksinya, cek kedalaman pedal rem saat diaktifkan.

lampu depan belakang sein harus fungsi semua
lampus sein on

Kondisi lampu motor juga sebaiknya berfungi semua. Soalnya sangat riksan bila lampu motor sampai off. Apalagi saat ini, bila riding lampu depan wajib kondisi On. Termasuk sein, lampu rem. “Karena lampu- ini memberikan sinyal buat kita mau belok kiri atau kanan, juga saat sedang ngerem. Tujuannya pengendara motor lain yang berpapasan misalnya, bisa memantau kita,” lanjut Audis.

cek kelistrikan

Lainnya lagi mungkin bisa cek kelistrikan. Cek pula kondisi cop busi, terutama bila motornya motor  bebek.  Kalau karet luarnya sudah jelek, atau sobek, ganti aja. Ini ada faedahnya. Yakni saat menjerjang genangan air yang tak dalam, busi tak langsung basah akibat kena air. ‘

nih cop busi kalau udah getas karetnya ya diganti bolehlah

Nah kalau mau enggak repot, ya mampir bengkel langgangan deh. Biar dicek semuanya. Begitu ya…-admin-