Sebelum Gas Pol Ke Meikarta, Yogyakarta Rally Community (YRC) Lakukan Pertemuan Di Sirkuit Tambakrejo, Ngapain Aja?

tYRC tak hanya kumpul doang, tapi lakukan sejumlah persiapan

stangstir.com-Jelang ajang Sprint Rally yang akan digeber pada Meikarta Central Park Arena  Cikarang Bekasi akhir bulan ini (31/10-1/11) ,  komunitas sprint Rally di Yogyakarta atau dikenal Yogyakarta Rally Community (YRC) geber pertemuan di Sirkuit Tambakrejo Sleman, Minggu (18/10).

ini latian lho…

Pertemuan tersebut diklaim penting, pasalnya tak hanya pertemuan biasa namun diisi dengan latihan bareng berikut prepare sejumlah persiapan, diantaranya mobil peserta perally asal Yogyakarta yang gas pol di Meikarta kelak. Berdasar list yang diterima stangstir.com ada sejumlah nama perally asal Yogyakarta, yang gas pol ke sana. Nih nama-namanya.

nih yang gas pol meikarta from Yogyakarta

Buat tau nih mereka membawa nama Yogyakarta bukan nama team. Ini digarisbawahi oleh Wismu Pratondo  dari  YRC. “Kami sepakat melepas nama team. Yang maju membawa nama Yogyakarta. Jadi YRC itu sebagai entrant yang terdaftar di IMI,” jelas Wisnu sapaannya.

Lantas terkait kumpulnya mereka saat itu selain latihan uji coba mobil di sirkuit, juga  dilakukan pengecekan mobil sebelum go Meikarta. “Sebelum balap itu kan ada scrutineering, Nah di kumpulnya kami ini sekalian melakukan pengecekan mobil teman-teman yang berangkat ke Meikarta. Tujuannya di sana nanti sudah benar-benar siap. Tak ada lagi kekurangan ini dan itu,” lanjutnya yakin.

Masih menurutnya  bahwa untuk ikut di Meikarta proses scrutineering sangat ketat.  Artinya sesuai regulasi yang berlaku. Apalagi bila sudah menyangkut peranti yang berhubungan dengan safety atau keselamatan. Alhasil beberapa komponen terkait itu, dilakukan pengecekan intens. Diantaranya seperti komponen rollbar, safety belt, tabung pemadam, helm sesuai peruntukannya dan lainnya.

scrut, dicek semua, gak layak ya dilepas, munpung masih ada waktu

Satu contoh peranti rolbar diklaim penting karena komponen tersebut melindungi driver dan navigator dalam kabin. Seperti bahan rollbar, desainnya mengikuti bentuk mobil, juga penempatannya. Apakah sesuai dengan titik-titik keselamatan di mobil. Lantas alat pelengkap seperti tabung pemadam, dicek juga apakah masih layak pakai atau sudah kadaluarsa. Sampai helm, itu pun ada standarisasi nya.  Pokoknya dicek semua

Intinya hal ini dilakukan karena terkait keselamatan dan jangan sampai sudah jauh-jauh namun sampai lokasi tak lolos scrutineering. Nah hal seperti itu lah yang dihindari kontingen asal Yogyakarta ini. Bilapun ada kendala terkait komponen-komponen tersebut. Masih ada waktu untuk memperbaiki, atau mengganti nya.

Daffa, sudah siap gas pol meikarta kelas F1

Beberapa pembalap yang namanya terdata pada YRC menyambut baik kegiatan Minggu itu. Bahkan sudah prepare, serta memanfaatkan scrut yang dilakukan YRC. Satu contoh perally muda M. Daffa yang berpasangan dengan Hafish, yang geber Daihatsu Sirion 2010 akan bersaing kelas F1.. 

“Mobil sudah perpare. Mulai fiting jok, kaki-kaki, mesin. Scrutnya lolos lah. Udah pasang cut off dan lainnya,” bilang siswa SMP  Muhamadiyah 7 Yogyakarta itu. Bahkan dokumen rapid test pun daffa mengaku siap, bila dibutuhkan.

Wuih mantap, Yogya memang istimewa, begitu kan…-admin-