Cermati Ini, Bila Jip Atau D-Cab Anda Mau Pasang Asesoris Seperti Rollbar, Bemper Dan Sejenisnya …

kontruksi penting, ga cuma model dan bahannya

stangstir.com-Pilihan baban pipa untuk membuat rollbar, rollcage atau pun sejumlah asesoris untuk diaplikasi pada jip offroad, atau dcab ternyata perlu diperhatikan. Ini salah satu menjadi perhatian Rajendra Haryo Tejo, punggawa Bengkel Seribu Pohon, Jogjakarta.  Menurutnya ada beberapa faktor yang perlu dicermati. “Yang utama ya kekuatannya juga kontruksinya, serta bobotnya,”bilang Dido sapaan akrab Rajendra Haryo Tejo.

Masih menurutnya, dirinya biasa mengolah dari bahan pipa welded tebal 3 mm bukan seamless. Ini ada alasannya. “Dari segi biaya lebih murah dibanding seamless. Soal kekuatan hanya ada sedikit sekali perbedaan ketimbang seamless. Selain itu bobotnya lebih ringan dibanding seamless. Sudah ada bukti dari banyak kasus yang rollbar nya full pipa welded dan jip jungkir balik, namun jip tetap tutuh,” yakinnya.

oling gak siap muati barang atau diaiki oleh 2 orang tuh roffracknya

Namun begitu, sekali lagi soal kontruksi tatanan rollbar maupun rollcage mesti diseting sempurna. Diantaranya untuk rollbar di kabin itu pakai 8 titik.  

Soal kontruksi memang menjadi perhatian khusus. Termasuk aplikasi pembuatan bemper juga roffrack. Ini diyakini oleh Dido. Misalnya saja kontruksi bemper yang dpasangi winch. “Kalau bisa bautnya enggak perlu banyak. Biasanya saya pakai kontruksi 8 baut. Tujuannya memudahkan bongkar pasangnya. Pun model PTO paling malah 4 baut itu cukup kuat koq,” yakin Dido lagi.

Oh begitu ya, jadi sebaiknya tanya yang ahlinya ya sebelum mengaplikasinya..-admin.