Ini Dia Calon Sirkuit Laguna Depok Bantul, Lokasi Jogja Sprint Rally 2021, Full Gravel Dab!

lokasinya nanti disini, memang belym tergarap, sabar yak...

stangstir.com-Kabar terbaru gelaran penyelenggaraan event Jogja Sprint Rally dengan label Ngebut Bareng Lagi STIE Mitra Indonesia yang akan digeber di tahun 2021 mendatang makin jelas nih. Terutama terkait lokasi penyelenggaraan event.  Yang nantinya akan digeber pada Sirkuit Laguna Depok Bantul.

Kejelasan tersebut mengerucut pada Jumat Siang (14/8) lalu, dimana pihak Organ atau Organisasi Pengelola Sirkuit Laguna Depok yang dipimpin oleh Agus Ambaryanto dari STIE Mitra Indonesia, beserta rombongan, mengajak awak media, untuk meninjau lokasi sirkuit tersebut.

rombongan, rame-rame meninjau lokasi sirkuit laguna depok

Singkatnya lokasi sirkuit tersebut tak jauh dari lokasi wisata pantai Depok Bantul. Walau belum tergarap atau terlihat ujud sirkuitnya, namun kebayang sih sepertinya menjanjikan. Yup karena lokasi tersebut adalah destinasi wisata pantai wilayah Bantul, sehingga bila tergelar di sana kebayang bakal tak sepi penonton.

ini lay out sirkuit laguan depok bantul, tempat jogja sprinta rally putaran 2 dan 3, rencana masih ada ubahan nih..sabar…

Berdasar informasi, rencana sirkuit dengan panjang sekitar 2 km tersebut bisa dimaksimalkan  menjadi sekitar  2.5 km. Pun lebarnya sekitar 8 m lebih, serta suguhan  lay out yang menantang (pinggir pantai bos), kebayang lagi akan memberikan tantangan tersendiri bagi peserta sprint rally.

“Setelah kami tinjau, ternyata sirkuit tersebut bisa dimaksimalkan sampai 2.5 km. Ternyata trek lurusnya masih bisa diolah dan bisa dikombinasikan dengan tikungan yang akan kami kurangi juga. Sehingga panjangnya bisa sekitar 2.5 km. Otomatis tiap ss bisa maksimal untuk digunakan oleh peserta,” bilang Agus Ambaryanto yang menambahan bahwa lokasi sirkuit tersebut dikontrak selama 3 tahun.

agus ambaryanto (tengah), ternyata bisa diolah jadi 2.5 km

Sedikit melihat kebelakang, Jogja Sprint Rally 2020 olahan STIE Mitra Indonesia sedianya tergelar 3 putaran. namun baru tergelar 1 putaran, imbas pandemi covid-19 yang melanda tanah air. Otomatis kegiatan sprint rally yang terbukti sukses di putaran awal, terhenti di 2020.

“Kalau dulu saya bilang akan gelar lagi di Juni 2021. Setelah mendapatkan sirkuit ini ada kemungkinan akan maju di April 2021. Pasalnya ikut menyesuaikan  kegiatan event balap di wlayah DIY.  Supaya enggak bentrok dengan kegiatan event lain. Supaya bisa menlanjutkan putaran ke 2 dan 3,” lanjut Gambir Dirga, sapaan akrab Agus Ambaryanto.

Masih menurutnya proses pembangunan sirkuit akan dimulai sebelum April 2021, atau awal Maret 2021 setelah panen tebu dilakukan. Yang tak kalah menarik, nantinya sirkuit tersebut tak hanya buat event sprint rally, namun juga offroad serta buat grasstrack juga. Wuih mantap nih

tri suparyanto, tenaga ahli bupati bantul, sirkuit ini akan jadi destinasi wisata baru

Tri Suparyanto, selaku Tenaga Ahli dari Bupati Bantul yang ikut hadir pada peninjaun sirkuit tersebut menyambut baik wacana adanya lokasi sirkuit baru wilayah tersebut. 

“Ini kan langkah upaya yang baik. Dengan adanya sirkuit ini akan menjadi di tujuan destinasi wisata baru. Diantaranya wisata otomotif selain adventure offroad, sprint rally juga grasstrack. Sehingga masyarakat tau bahwa di lokasi ini tak hanya  wisata Parangtritis. Oya masyarakat sekitar juga akan diuntungkan dengan adanya gelaran event-event otomotif. Nantinya kan mereka dapat nilai tambah,” ujar pria yang dulu adalah offroader dari Merapi Offroad itu.

Bila mengamati lay out sirkuit tersebut, sangat penuh tantangan. Walau dekat dengan pantai namun karakternya bukan pasir, namun gravel. Iseng-iseng menghitung ada sekitar 18 tikungan tuh. Banyak yak. Namun ternyata ini belum final. Hal tersebut sempat disinggung oleh Emay John Achmad, selaku peninjau sirkuit.

emay, tinggal disempurnakan…

“Lokasi cukup baguslah. Full gravel. Punya luas memadai untuk trek. Ini kan hampir 5 hektar. jadi bisa dimaksimal untuk lebarnya, jumlah tikungan, trek lurus dan lainnya. termasuk faktor safety bila peserta alam trobel di lintasan,” bilang Om Emay sapaannya.

Menurutnya perlu diperhatikan  atau diwaspadai  karakter  lintasan ketika hujan atau adanya air pasang dan sebagainya. Soalnya pinggir pantai. Bener juga ya..-admin-