Tampil Sebagai Willys Teatrikal…

dipakai blusukan juga bisa

stangstir.com-Melihat ujudnya seolah melihat kendaraan perang dunia atau militer. Pasalnya dilengkapi senjata Garand M1 serta Browning 1919 A4. Itu tuh yang tertanam di belakang frame kaca depan dan dek kabin belakang. Wah, Browning nya lengkap dengan rentengan peluru. Wuih mantap.

Aniway busway atau apalah, yang jelas  Willys Jeep ini milik Lukas Budi Purwanto. Memang tampil sebagai jip perang PD 2. Iya gak.

Namun yang dimaksud bukan itu sih.. Lebih tepatnya jip ini sebagai nostalgia sejarah di tanah air dulu. Yakni  Serangan Umum 1 Maret tahun 1949 di Jogjakarta.  Tau kan film Janur Kuning atau 5 jam di Jogja. . Dimana Willys ini terlhat sliwar-sliwer di film tersebut.

Bedanya Willys yang ini terlibat pada teatrikal nya, tentang SU 1 Maret itu. Alhasil julukannya Willys Teatrikal. Karena itu tadi asesorisnya komplit-plit. bahkan dilengkapi senjata replika atau dummy yang terbuat dari kayu. Pelurunya juga replika tuh,

kalo ikut kegaiatan begini nih, all out./doklukas

“Betul, Willys teatrikal. Ya karena jip ini memang sering terlibat atau tampil pada kegiatan teatrikal mengenai perjuangan  pahlawan bangsa khususnya di Jogja,” aku Lukas yang tergabung pada komunitas Djokdjakarta 1945. Wow keren..

Kabarnya bila terlibat di kegiatan tersebut, Lukas yang juga member di Yogyakarta American Jeep, akan tampil all out dengan dress code seperti Jaman itu. Dia jadi KNIL tentara Belanda. Pokokmen menjiwai banget deh.

bodi awal willys kap tinggi

Ok lah kalau soal itu. namun yang bikin penasaran ya Willys nya ini. Basic nya apa sih?. Apakah Willys 44, atau Ford, atau apa? Yang pasti itu hasil olahan bengkel Wahyu, (BW) . “Basic framenya Mambo. Bodii bawaannya itu kap tinggi lalu, dipotong-potong jadi model 44 begini,” aku Lukas.

Namun demikian, keterlibatan Nippon eh Jepang di Willys ini tak hanya itu. Bisa dilihat dasbornya ada label Mitsubishi. Ah ada keterlibatan  Mitsubishi Jeep disitu. Yup bener.  Namun jejak nya udah rada ngilang, Kecuali dasbornya itu. Pasalnya lainnya olahan. Seperti frame kaca, grill depan dan lainnya.  “Setirnya yang aslinya di kanan saya pindah kiri. Ini menyesuaikan dengan model Willys 44,” lanjut Lukas.

mesin jepang, kijang 3 k

Soal terlibatnya produk Jepang di Willys ini tak hanya di dasbor. Namun juga di dapur pacu.  Lukas bilang dapur pacunya dijejali mesin Kijang 3 K, berikut girboknya. Namun tranfercasenya bawaan., juga gardannya.

Sehingga mau dolan kemanapun aman. Jauh dari kendala mesin umup, apalagi sampe mogok. Gak akan.

Yang menarik pula. Asesorisnya itu, komplit. Di bodi samping kanan kiri atas fender, ada tas kanvas tergantung rapi. Menurut Lukas tas itu asli Amerika. “Saya liat Willys militer pake kayak gini jadi saya lengkapi aja,” lanjut pria yang juga berprofesi sebagai dokter hewan ini.

tas ada
yang bulat putih itu tempat air

Tak hanya itu dibelakang, depan jerigen ada wadah air yang bentuknya unik, yakni bulat. Ini yang membuat Willys teatrikal ini makin komplit. Setelah proyek Willys teatrikal ini Lukas sudah ada proyek baru. Yakni bikin M38. Proyek ini sepertinya sama, diolah oleh BW, Bengkel Wahyu Bantul. -admin/dok-

foto lainnya