Kedai Jawani, Sensasi Santap Brongkos Dan Nasi Goreng Babat Di Depan Mesin Toyota 2F 6 Silinder, Asyik…

di meja ada mesin 2 f tuh, nemenin menyantap hidangan khas Kedai Jawani...

stangstir.com-Kebayang gak, makan dengan menu suguhan khas masakan Jawa, tapi di depan mesin jip seglundung. Eh maksudnya mesin jip legendaris Toyota Land Cruiser FJ40, 2F 6 silinder segaris. Konon nih itu bukan mesin mati tidur atau off ya bos.

Itu mesin bisa hidup, dan siap sebagai dapur pacu bila dipasang di ruang mesin jip Toyota FJ.  “Tinggal pasang dan hidupin itu. Tak perlu bongkar mesin. Lha wong itu bukan mesin rusak,” senyum Dido, punggawa Bengkel Mobil, 1000 Pohon.

santap menu di depan mesin 2 F

Buat tau ya, Dido memang punggawa Bengkel 1000 Pohon.Namun dia ini punya kepandaian lain yakni jago garap rumah Joglo limasan itu. Singkatnya yang berhubungan dengan rumah berkayu jati, dia gape. Makanya saat melihat meja yang ditengahnya ada mesin begitu, enggak heran dah.

Kembali lagi soal menu ya, perabotan begitu ada di satu sudut Kedai Jawani. Kedai yang lokasinya memang jadi satu dengan 1000 Pohon, yang digawangi oleh Kundari Setyawati. Biar kenal deh. Dia ini nyonya Dido. Dan jago masak-memasak dari dulu. Tak heran di Kedai tersebut dia lah yang berada di belakang layar, eh dapur. Baca aja artikel Kedai Jawani deh.

 Tau kan menu andalannya Brongkos telur bebek dan nasi goreng babat. Ini yang stangstir.com cicipin. Ya karena penasaran dengan menunya dan sensasi makan di depan mesin 2F itu. hehehe.

brongkos denga telur bebek lho bukan rawon

Terutama dengan brongkos telur bebek. Menu yang kuahnya item, macam rawon. Tapi jelas bukan rawon.

“Brongkos itu asli makanan Jogja. Sepintas banyak yang ngira itu rawon. Pernah konsumen saya dari Jawa Timur, ngira itu rawon. Padahal bukan. Ada bedanya. Brongkos itu olahannya pakai santan. kalo rawon itu kan daging dan pake telur asin. Nah brongkos disini pakai tetelan daging dan telur bebek. Kalau bumbunya banyak dan pakai rempah-rempah,” bilang Kundari.

Kundari mengaku mengolah sendiri menu brongkos tersebut. Dan nyatanya saat stanstir.com coba, muantep tenan bos. Suer, ora ngapusi iki (enggak boong,red). Kuah hitam yang sering dikira rawon, sejatinya beda dengan kuah rawon. Mana dagingnya empuk banget lagi. Makin nyus ditambah telur bebek bulat itu. Telur bebeknya enggak digodok biasa doang. Tapi berbumbu.  Makanya cita rasa brongkos Kedai Jawani nambah banter. Eh nambah nikmat.  Apalagi itu depan kita mesin 2F, pie gitu rasanya . Jadi makin asik aja. Kebayang lagi makan, nih mesin nyala, on gitu. Wah anget, hehehe….

yang ini nasgor babat bos

Eh menu satunya lagi nyobain nasi goreng babatnya. Ini juga beda. Enggak kayak nasi goreng babat kebanyakan. Ini diamini oleh fotografer stangstir.com yang kebagian icip-icip nasi goreng babatnya. Rasanya ya nasi goreng, tapi karena dengan bumbu khas begitu. Belum lagi ditambah daging babatnya yang empuk, muantep buanget. Satu lagi Porsinya juga uakeh. Jadi sepiring aja langsung wareq (kenyang,red).  Alhasil rasa oke, porsi juga banyak hasilnya kenyanglah, tapi nagih. Kapan-kapan harus mampir lagi ni…

Oya minuman juga khas ni. Yaitu, Wedang Jahe Sereh dengan gula batu atau gula jawa. Mantep banget dah. Apalagi kalau diminum malam-malam saat cuaca dingin kek sekarang ini. Makin juosss. Tapi kalau mau yang adem seperti jus juga sedia lho. Beneran cobain aja.

jahe sereh gula jawa, cocok buat anget anget

jamin rasa nikmat itu bakalan nambah. Tau karena apa?. Harga nya bersahabat dengan isi kantong, isi dompet gitu.  Jadi aman. Hehehe…Maka mampir dah biar makin paham.

Eh hampir lupa. Tak hanya menu begitu. Kedai Jawani juga sedia beragam menu frozen food lho.  Diantaranya dimsum mix frozen, dimsum ayam frozen, paru ungkep frozen, babat bacem frozen, ayam ungkep frozen. Konon yang serba frozen belum lama dirintis. “Sekitar sebulan yang lalu,” jelas Citra, putri Kundari pada stangstir.com.

buat kumpul komunitas atau klub, bisa nih

Citra melanjutkan, adanya menu frozen karena memang ada peluang untuk sediakan menu di saat wabah pandemi covid-19 melanda. Dimana konsumen ramai belanja online dibanding datang langsung kedai.

“Maka kami lihat peluang dan coba hadirkan menu tersebut. Dan lumayan beroleh respon,” lanjut Citra lagi sembari nambahin bahwa menu itu juga bsia diorder via gofood. Bahkan kadang,  Citra juga antar sendiri ke konsumen bilamana lokasi konsumen tak begitu jauh dari lokasi Kedai Jawani. Pastinya, berlaku minimum order ya.

citra dan kundari, yang urus dapur kedai jawani untuk sajikan menu mantap

Ingin coba order, atau mau booking buat acara keluarga, komunitas, klub, arisan dan lainnya, silahkan kontak langsung kedai Jawani di nomor 08562599773 ya, atau datang langsung ke Panggung Harjo Sewon Bantul, Jogjakarta…-admin/dokkedaijawani-

foto lain dibawah ini