Ini Yang Diperhatikan Bila Modifikasi Bikin D Cab Jangkung Atau Dikembalikan Standar…

dibikin jangkung, atau dibalikin standar enggak asal

stangstir.com-Bikin jangkung sebuah unit d cab, wow oke aja. Kan tampilan mobil jadi makin ganteng juga sangar. Itu kan yang diinginkan. Namun, bila bikin jangkung begitu ternyata enggak asal lo. Maksudnya enggak hanya dengan mengolah sistem suspensi depan, atau mengganti ban dan pelek dengan lingkar lebih besar.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Contohnya bila dibikin tinggi atau dari tinggi mau dibalikin lagi ke asal, “ yakin Rajendra Haryo Tejo, punggawa Bengkel Seribu Pohon di Jogjakarta.

Masih menurutnya. misalnya  d cab Mazda BT50 pasca ditinggikan pakai ban 33. “Dikembalikan pakai ban 31. itu posisi rodanya  jadi mingkup maka mesti distel lagi. Nyetelnya tak mudah lho. Itu karena  ganjal sim untuk stel arm depan bawaannya,  sudah dilepas karena ditinggikan. Saya cari di toko sparepart komponen tersebut enggak ada. Sehingga bikinkan dulu,” jelas Dido sapaan akrab Rajendra Haryo Tejo.

Intinya sih bila dinaikan atau dikembalikan semua komponen kaki depan yang bersistem independen mesti distel ulang. Termasuk sudut caster nya, juga cambernya. Dido yakin bila tak distel jangan harap akan nyaman dan stabil melaju di jalanan.

“Nyetelnya pun harus sedemikian rupa. Pasalnya bila suspensi sistem independen di lift up pasti akan berubah. Baik camber, dan casternya. Jadi semua mesti distel ulang. Termasuk ngecek kondisi bushing-bushingnya,” tutup Dido sembari beri ancer-ancer biaya stel kaki depan d cab berkisar Rp 3-4 jutaan dengan lama pengerjaan 4 harian. Ya karena dibongkar semau dan diukur lagi dengan cermat

Eh tak hanya itu, Dido juga menyinggung soal pilihan pelek yang ternyata ada kaitan dengan usia bushing-bushing yang ada di komponen kaki-kaki, misalnya buat d cab. “Pelek yang sangat celong juga ada imbasnya bila diaplikasi. Yakni akan kurangi umur bushing. Karena sudut beban puntir di roda tambah besar.  Otomatis bebani komponen kaki juga,” lanjiut nya.

Nah info lebih detil, monggo langsung kontak Dido di nomor hape 085858004409.   -admin-