Profil Motor ‘Garong’, Siap Kongkow, Touring Ngebut Sampai Nyetep Motor Lain…

motor garong,, eh garong cutsom garage...

stangstir.com-Label Garong yang punya arti ‘minus’ tak selamanya buruk.namun malah sebaliknya. Buktinya ini nih. Saat bersua dengan Idam Ari Sutopo pungawa Garong Custom Garage yang kami Grebek di markasnya, daerah Jaten Palur Karanganyar Solo.

Terbukti Idam Garong sapaan ngetop Idam Ari Sutopo adalah salah satu Garong yang ngelotok motor legend Kawasaki KZ 200 alias Binter Merzy (BM). Melalui tangan dinginnya, pria yang ngaku berusia kepala 3 ini berhasil membuat BM yang dibekali mesin 4 tak dengan kapasitas silinder 198cc, sanggup mengaspal di jalanan tanpa rewel. Siap gas pol kemana pun. Tak heran dikalangan biker pengguna BM,namanya konon cukup dikenal.

Idam Ari Sutopo pungawa Garong Custom Garage, nama aslinya apik …

Pasalnya, selain gape oprek BM, Idam juga sedia sparepart serta pandai ‘ngakalin’ mesin BM yang tujuannya meningkatkan performa serta daya tahan mesin sekaligus sebagai solusi soal kerterbatasan sparepart.

Contohnya, ya gak usah jauh-jauh.  Yakni 2 Motor Garongnya ini. Yakni BM lansiran 1980(sudah dioprek CDI) dan lansiran 1986, yang dikembalikan seuai orinya. Namun dimodifkasi sedemikan rupa ala Garong Custom Garag. Dimana BMnya itu siap pula buat kerja berat. Misal kongkow di warung wedangan, touring jauh termasuk buat belanja sparepart. serta nyetep motor yang mogok di jalanan. Wuih…Jos ya…

tahun 1980 kiri, 1986 kanan, biasa aja, namun siap kemana ajah

“Pokoknya banyak fungsinya,” buka Idam yang ngaku merintis oprek Binter Merzy sejak 15 tahun silam, dan pernah pula jadi mekanik terbang sampai luar Jawa. Ya buat garap BM konsumen di sana. Wow Cuannya mantap mesti. Hehehe…

Yang jelas kedua motor Garong itu tampil standaran. Karena motor harian yang juga siap ngebut, tak neko-neko . Cat sudah repaint, alias biasa aja. Namun jangan anggap remeh performanya. stangstir.com merasakan sendiri kehandalan Garongnya saat sesi foto.

enak banget dipake riding nih

Satu contoh BM yang stangstir.com cobain. Nyaman banget. Tahunnya muda. Tanpa perlu nyelah buat ngidupinnya, tinggal pejet idup. Lagi, menurut Idam mesin hanya diremajakan saja. atau spek pabrik.
Wah mantap jiwa. Selain nyaman di riding position, handlingnya enak, mesinnya lumayan galak. No rewelan. Jadi inget pernah ngerasain yang telah dimodif ala chopper. Jujur nyaman ini yak Hehehe…

Yang terlihat ‘rada’ beda. di mesinnya. “Karburator pakai Suzuki TS 125 ori. Mudah setelannya,  repairkitnya juga mudah diperoleh. Saya bikinkan custom jumper oli. Ditanam pipa saluran oli custom. Bahannya tembaga namun yang masuk ke silinder head itu bahannya besi. Sirkulasi oli ke noken as, ke pelatuk lebih lancar. Sehingga mesin akan lebih awet,” papar Idam tanpa buka lebih jauh.

jalur olinya custom ni

Oya magnet pengapian juga dijamah. Idam biasa menggunakan magnet custom modifikasi untuk subtitusi magnet bawaan BM yang biasanya lemah. “Bisa pake magnet motor biasa. Pakai punya Vixion, atau Ninja. 250. Bobotnya disesuaikan,” tutup Idam sambil bilang bahwa magnet customnya siap dipasang gantikan magnet bawaan BM.

magnet custom olahan garong custom garage

Selain beberapa oprekan, tambahan yang tampak di motor Garong adalah lampu tambahan dan tas kulit di kiri belakang. Kata Idam itu buat isi sparepart belanjaan dan lokasi kunci-kunci. Oh buat perkakas bila nyetep yak…-admin.

detil Garongnya Idam, biasa aja…