Vespa PTS 1979, Sebuah Surprise Buat Istri Tercinta …

kado buat iistri

stangstir.com- Apri Sartyanto warga karanganyar yang juga member di PPMKI Solo Raya, ternyata punya cerita juga terkait Vespa PTS lansiran 1979.

Motor yang konon didapat dalam keadaan bahan sekitar tahun 2013 dari Jatipuro, adalah kado spesial atau sebuah surprise yang ditujukan buat istri tercinta Retno Ambarsari. “Itu kado ulangtahun pernikahan kami yang ke 2,” aku Apri sapaannya.

Buat tau ya, Apri dan Retno sepertinya memang punya kedekatan khusus dengan motor atau  mobil antik. Lha wong pernikahannya aja mereka pakai Fiat 1100. Baca nih http://www.stangstir.com/2020/05/08/fiat-1100-1961-jatuh-hati-pandangan-pertama/

suprise yang yang sukses…

Eh tak lama, hadir juga Vespa PTS ini buat nemanin mereka jalan-jalan. Asyik banget ya.

Namun jangan salah, cerita perjuangan memperoleh dan membuat Vespa yang sekarang berwarna Puitih ini juga tak gampang. Tau sendiri saat diperoleh dalam keadaan bahan. Alias keadaan mesin ‘byar pet’.

“Saat itu yang ambil adik saya sama temennya. Keadaan mesin apa adanya. Bayangin 100m dari lokasi mesin langsung mati. Akhirnya ditarik pakai motor langsung ke bengkel restorasi mesin di Tawangmangu. Setelah restorasi mesin jadi langsung restorasi bodi dan cat di Karanganyar. Kalau enggak salah, sekitar 1,5 bulan akhirnya jadi tuh,” kenang Apri sambil sebut.nama Pendek, pebengkel mesin yang olah mesin PTS nya.

mesin dandan donk…

Saat itu Apri mengakui bahwa spare part PTS lumayan mahal dan agak sulit dicari. “Saya percaya dengan Pendek, jadi dia yang urus tuh spare partnya. Satu yang saya ingat soal seting karbu bawaannya agak sulit.  Akhirnya subtitusi pakai Yamaha v80,” papar nya.

Oya pengerjaan cat termasuk dikebut, ini karena Apri mau memberikan surprise buat Retno, kan  kejar deadline kado anniversary 2. “Proses, pengecatan di kebut 2minggu jadi,”: yakin Apri lanjut.

Singat cerita Retno suka banget dengan unit Vespa tersebut. Wah sip lah, sukses bikin surprise berarti…Hehehe… –admin/dok