Aprillian Sulistyo, Jago Bikin KLX Kenceng…

Sulis, biasa bikin KLx Banter

stangstir.com-Namanya Aprillian Sulistyo, dia ini punggawa bengkel Victory Motor yang bermarkas di Pedan Klaten. Bagi kalangan balap khususnya balap  namanya cukup dikenal. Apalagi di tahun 2019 lalu, dimana pembalap Danang ‘Kempleng’ Utomo  yang diusung team Fastgass sanggup merajai Trial Game Asphalt khususnya kelas trail 175 open.

Saat itu Kempleng seolah tak terbending kuasi lintasan, dia sanggup bersaing dengan pembalap pesaingnya seperti Farudila Adam, Tommy Salim. Buat tau, Ini karena setingan motor Kawasaki D Tracker yang digeber Kempleng, ditangani langsung oleh Sulis, panggilan akrab Aprillian Sulistyo. Konon Sulis pegang motor Kempleng yang dispport Fastgass, mulai seri 2 di Purwokerto. baca http://www.stangstir.com/2019/12/16/kunci-keberhasilan-killer-hero-danang-k-utomo-kuasai-kelas-trail-175-open-tgaic-round-5/

danang kempleng, fastgass, killer hero dengan motor olahan sulis

Singkatnya, pria ramah yang garap sendirian di bengkelnya (tanpa asisten) memang punya sejarah panjang sebagai tuner motor buat balap khususnnya roadrace. Apalagi untuk label Kawasaki. Tak heran bengkelnya jadi rujukan beberapa pembalap, pun beberapa komunitas penggebar motor supermoto gaes.

Selidik punya selidik, Sulis yang mengail ilmu tentang mesin motor sejak masih SMK di Pedan ternyata punya karier lama sebagai tuner.  Awal karirnya dimulai dari bengkel ATPM Kawasaki. “Saya dulu pernah di Kawasaki Motor Semarang dari 1997-1999. Lalu  diajak teman untuk buka bengkel di Cawas. Lalu di tahun 2000 buka bengkel sendiri. Pernah juga di tahun 2000-an itu seting Kawasaki Kaze untuk ikut road race di Pati. Kalau ga salah kelas 115 open dan saat itu raih podium 3. Jaman itu bersaing dengan pembalap yang geber Shogun, Vega,”kenang Suliz.

Buat tau aja, saat itu jarang banget pembalap yang geber Kaze. Namun bagi Sulis hal tersebut malah jadi tantangan. Selanjutnya dia juga olah motor 2 tak dengan unit Suzuki Satria. Dan kabarnya motor setingannya kail podium juga. Intinya dia banyak pengalaman deh.

victory motor, sulis garap sendirian

Setelah era tersebut, Sulis malah kerap jadi rujukan anak anak Supermoto. terutama era fun race marak di Manahan sekitar tahun 2014-an.  “Iseng-iseng ketika itu KLX setingan saya ikut fun race. Ya sama Danang Kempleng juga . Akhirnya sekarang banyak garap KLX atau d Tracker,” bilang Sulis lagi.

Menururtnya KLX pun D Tracker itu punya torsi kuat. Hanya tenaga atasnya kurang. Ini yang mesti di oprek Sulis. Sedikit cerita, D Tracker yang dipake Danang, setingannya  sesuai regulasi aja. Bandulnya dibuat bulat bikinan Sidoarjo. “Kem custom. Piston pake 64,5. Karburator pake 28 dari UMA,” buka Sulis singkat.

Setelah itu ya tinggal pembalapnya. Buatnya setingan motor untuk kompetisi kejurnas supermoto dan trial game ada bedanya. “Kan trek nya beda. Ada lintasan tanah dan aspal untuk supermoto. Biasanya torsinya ditambah. Seperti magnit di custom beratnya dilebihin. Kalau pengapian pakai total los dari BRT, cukup kog,” yakinnya tanpa buka lebih jauh.

Itu spek buat balap ya. Nah kalau buat harian, ya beda lah. Sekali lagi dia paham banget tentang KLX dan Dtracker.  Salahsatunya, bawaan orok KLX yang katanya punya kelemahan pada komponen kopling yang sering kebakar,  Sulis biasa tangani itu. Dengan memodifikasi rumah kampas kopling dengan dibuat lubang dan per kopling diganti lebih keras. Tujuannya supaya jalur pelumasan makin bagus. Selain itu ya servis biasa seperti seting klep dan lainnya.

rujukan pengguna supermoto

Soal biaya servis KLX buat harian ah standar bengkel rumahan kog gaes. “Servis rutin cuma Rp 40 ribu aja. Overhaul paling Rp 150 ribu. kalau mau porting dan oprek noken as sektar Rp 800 ribu dengan lama pengerjaan sekitar 3 harian,” bisik Sulis.

nah bila motor trailmu macam KLX, Dtracker bahkan Honda CRF dan mau diseting Sulis, datang aja ke bengkalnya. Atau janjian via hape nya di nomor 081329255757. -admin/dok-