Fiat 1300, 1965, Pede Umbar Karat Campur Airbrush…

pede dengan tampil kek gini...

stangstir.com-Daryono alias Bayek memang penggemar Fiat sejati. Terutama tipe 1300. Dulu stangstir.com pernah meliput salah satu koleksinya., baca http://www.stangstir.com/2018/12/22/fiat-1300-1965-waras-wiris-siap-diajak-dolan-jauh/

 Belakangan mobil itu laku terjual. Eh ternyata dia masih punya simpannan lagi. Kabarnya unit yang terlihat sekarang ini sudah dimiliki (berupa bahan) saat dia memelihara yang dulu itu. “Yang ini ngebangun dari nol. Bahan gitu,” bangga Bayek saat dijumpai di garasinya, daerah Sangkrah.

buritan kek gini gaes

 Singkat cerita Fiat 1300 lansiran 1965 yang konon dibangunnya tersebut, saat ini sudah jadi.  Alias sudah mengaspal. Namun yang asik, style gaya tampilannya mengacu gaya Rusty, itu lho yang tampilkan karat sana-sini.   “Biar beda,” yakin Bayek yang juga member aktif Solo Fiat Club, dan PPMKI Solo Raya.

Maksudnya kulit bodi sengaja dikerok, dikelupas sehingga menampilkan bahan plat dasar yang dibiartkan berkarat. Namun jangan salah walau karat, neyeng. Kenyataan lantai mobil Fiat Bayek utuh. Pasalnya kelar dibangun atau direstorasi total. Sssttt, konon dia abis banyak tuh buat ngebangun bodinya. “Iya banyak,” kata bayek singkat, sambil sodorin foto-foto proses ngebangun lantai Fiatnya.

campur airbrush

Tak hanya dikerok cat nya, beberapa bagian bodi mobil seperti kap belakang, pintu depan diimbuhi airbrush. Entah apa maksudnya namun yang pasti aksen ‘nyeni’ sepertinya yang mau disodorkan.

Lantas soal style Rusty Flavour yang ingin diumbar, makin jadi bila anda tengok interiornya. Acak adul. Seperti kulit jok dibiarin apa adanya. Pernik-pernik ori ikuta ditanam seperti bemper, grill, embelm dan lainnya. . Head unit yang siap sebagai  teman perjalanan, biar enggak bosen gitu. Di atap tampak roof rack custom ditanam.

mesin swap kijang

Oya, peleknya tampak nyembul kayak donat.  Akibat aplikasi pelek Shelby celong R13 lawas. Satu lagi dapur pacu tak lagi bawaan mobil. Namun di swap pake mesin Kijang 5K lengkap dengan girboknya.

Dengan tampilan begini, Bayek yakin wara-wiri kemanapun. lha wong rokenrol banget. hehehe…Namun demikian dia sempat berbisik, bahwa Fiat teyengan ini dipersilahkan di pinang bila ada yang minat.

foto lainnya