Hobi ‘Montoran” Rony Primanto Hari, Ternyata Enggak Dolan Bro, Namun Pantau Keberadaan Sinyal…..

Tak Hanya Dolan Bro, Namun Juga Pantau Keberadaan Sinyal.....

stangstir.com-Hobi ‘montoran’ atau riding, belakangan kerap dilakukan oleh Rony Primanto Hari , kepala dinas komunikasi dan informatika DIY.

Yup betul. Rony sapaannya memang suka dengan dunia otomotif. Sepengetahuan kami, dia dulu dekat dengan dunia offroad.  Pernah mengikuti kompetisi offroad dengan team J-Adventure Jogjakarta.

Nah belakangan itu tadi, kerap montoran dewe, atau sendirian. “Kalau di wilayah provinsi DIY mau riding ya, riding aja sendirian. Asik kog,” senyum Rony saat dijumpai stangstir.com di kediamannnya beberapa saat lalu.

Buat tau aja, ada 2 unit kuda besi yang tersimpan di garasi rumahnya. Yakni H-D Sporters 1200 atau Kawasaki Versys yang siap menemani saat dia ingin riding alone. jadi Rony kadang geber Sportster, kadang Versys. Ya senyaman-nyamannya dia deh.  Kondisi kuda besinya standar aja. Enggak dimodifikasi.

Namun demikian, seringnya dia montoran begitu ternyata enggak cuma lepas penat atau sekedar jalan-jalan doang disambi bro. yup beneran. Yakni disambi pantau sinyal wifi. Ini terkait dengan pekerjaannya terkait dinas komunikasi dan informatika DIY.

“Sekalian mantau sinyal internet di daerah tertentu, yang belum terjamah sinyal internet atau wifinya. Lalu saya akan usahakan pasangkan fasilitas wifi free di situ. Ini sudah saya lakukan terutama buat daerah di DIY yang mempunyai potensi. Misal potensi sentra kerajinan tertentu atau punya potensi wisata baru,” jelas Rony yang mengaku memantau sinyal via hape yang dibawa. “Bila di daerah itu tak ada sinyal, saya kan koordinasi dengan dinas setempat terkait proses aplikasi sarana wifi tersebut,” lanjutnya.

dolan dewe riding dewe, selfi dewe. pantau sinyal…

Masih menurutnya, tak hanya memfasilitasi keberadaan wifi free begitu, pihaknya juga memberikan pendamping untuk penyuluhan di lokasi. “Jadi kami bantu untuk bisa mempromosikan potensi setempat yang ada. Contohnya memasarkan produk melalui internet, atau bagaimana memposting foto yang bagus, mengcaption produk supaya menarik minat publik untuk tau dan berkunjung ke lokasi,” kata ayah 2 putra tersebut.

Nyatanya saat ini, beberapa daerah sudah terinstal fasiltas tersebut. Misalnya daerah Putat Bobong. Di situ ada sentra kerajinan topeng kayu. Disana ada pendamping untuk bisa memasarkan poduknya via dunia maya. Intinya kegiatannay akhirnya berimbas ikut memajukan umkm setempat dengan sarana internet. Sehingga potensi yang ada dikenal publik via medsos..

Selain sentra kerajinan, sarana pada obyek wisata juga pernah. Salah satunya daerah Tebing Breksi, lalu Mangunan, Ngelanggeran juga daerah Kulonprogo dan lainnya.

Jadi tak sekedar dolan. Bukan begitu kan pak…-admin-