Pengguna Honda Vario Generasi Awal, Perlu Cermati Bunyi Tek Tek Tek Dari Samping, Kanan Mesin..

deteksi bunyi tek tek tek biar gak kek gini

Solo(ss)- Pengguna Honda Vario Awal, mungkin perlu mencermati informasi ini. Yakni adanya bunyi tek tek tek  dari samping kanan, atau dibagian Mesin.

“Deteksi bunyi tek tektek itu bunyi dari kipas angin radiator, yang letaknya di belakang radiator. Nah bodi kipas itu kocak karena bahannya dari plastik, dan bunyi karena kendor. Bila didiamkan, akhirnya kipas yang kendor itu menghantam radiator,” ujar Agung punggawa bengkel Karya Agung,  sembari menunjukan kipas radiator Vario generasi awal keluaran 2007. Atau kalau kata Agung, itu Vario KVB.

nasib radiator saat terhantam kipasnya…

Tampak kipas tersebut hancur dudukan nya yang terbuat dari plastik, dan mengoyak sirip radiator. Solusinya kipas radiator perlu diganti baru. Harganya, konon murah sih hanya Rp 20 ribuan.

bos baut di kipas kendor karena dudukan kipasnya bahan plastik dan dimakan usia

“Namun kalau sudah sampai menghantam radiator seperti ini, rekomendasi kami ke pelanggan perlu diikuti dengan mengganti komponen radiator juga, banderolnya sekitar Rp 350 ribuan. Maka sebaiknya bila sudah mendeteksi bunyi tek tek tek itu di samping kanan, mending motor langsung bawa ke bengkel. Itu pertanda kipas radiator kendor atau mulai kocak,” wanti Agung ketika dijumpai di bengkelnya

kipasnya ganti baru, idealnya diikuti radiatornya

Nah sepele kan sebetulnya. Analisa Agung terkait kipas radiator adalah faktor usia pakai kipas itu sendiri. “Bahan kipas itu kan dari plastik dan letaknya di belakang radiator. Bisa jadi karena usia pakai, terjadi pengeroposan plastik utamanya pada bos-bos 3 bautnya. Dan  karena letaknya ngumpet di belakang radiator, kurang beroleh perhatian saat pecah,” tutup Agung. -admin-