Tips Usir Karat Di Ruji Motor…

setelah dicuci jadinya gini

Solo(ss)-Tips singkat yang bermanfaat ini mungkin berguna buat kalian yang ingin bebersih motor. Yak bebersih usir karat pada krom pada bagian motor. Misalnya seperti di ruji motor.

Buat tau ya, tips beresih-bersih ini sebelumnya sudah diuji coba lho, oleh Stefani Ria Srayasri, yang akrab disapa Ria member aktif di SSCC (Solo Street Cub Community). Katanya ide tips tersebut berasal dari rekannya, Tresno Sasongko.

ini motornya Ria setelah dicuci…

Konon tips ini diberikan Tresno karena liat akibat Ria sempat galau meihat kondisi motor bebek buntungnya ramai dengan karat. Utamanya pada sisi rujinya.

“Ya gitu deh. Awalnya setelah sebelumnya sempat jual motor sc saya yang merah, buat biaya kuliah. Terus sempat stress gak punya motor custom. Setelah Ngumpulin duit sambil doa. Eh ada temen yang nawari n motor sc yang enggak dipakai. Akhirnya motor dijual ke saya. Sayangnya fisik motor benar-benar menyedihkan karena tak terurus,” aku Ria..

awalnya ruji motornya kek gini

Selanjutnya karena kondisi motor bebek yang tak keurus, lalu beberapa bagian lini motor kena imbas karat. Nah di situlah tips ini dicoba.

Sebelum memulai, Ria ngaku udah coba browsing untuk solusi mengusir karat. “Namun setelah saya baca, cara menghilangkan karat diruji kog harus beli bahan dengan dana yang sekian. Akhirnya ke pikiran pakai tips tersebut,” kilah Ria.

“Intinya prihatin ngeliat ruji kog berkarat semua, saya coba aja. Kan hanya memanfaatkan sabun cuci piring dan grenjeng (sabut stainless)  untuk menyeka bagian yang berkarat,” lanjutnya.

bahan dan alatnya cuma ini, hehehe pasti tau deh itu sabun label apa…

Caranya gampang, yakni dimulai menyiram bagian yang karat, misalnya ruji motor dengan air. Lalu lanjut dengan menuangkan ke grenjeng dengan sabun cuci piring dan gosok pelan pada ruji yang berkarat.

Setelah itu ya menyiram lagi dengan air. Hasilnya karatnya luntur tuh.

Satu lagi penerapan usir karat itu tak hanya bisa buat ruji motor saja, katanya bisa juga buat bagian yang lain yang bahannya krom.

Oh ia hampir lupa, bila mau coba tips ini modalnya enggak banyak. Kata Ria cukup nebus sabun cuci piring itu dan grenjeng buat pembersihnya. Wes beris, eh resik….Cobain aja. -admin/dokria-