Toyota Land Cruiser FJ45 1973, Dipaksa Jadi Versi Soft Top (Kanvas)….

yang paling kanan bikin penasaran

Jogjakarta(ss)-Terlihat ada 3 unit Toyota Land Cruiser (TLC) tipe FJ yang tertangkap kamera. Yakni TLC FJ45, TLC BJ40 dan satu lagi nih yang lumayan bikin penasaran..

Yakni TLC FJ berwarna abu-abu kalem yang beratap soft top alias kanvas dan bongsor Buat tahu aja 3 unit jip Jepang ini adalah penghuni garasi rumah Sunardi. Pria asal Piyungan, Jogjakarta yang memang penggemar jip 4×4.

dari samping nih, panjangg. bongsor pula ..keren ah

Sebetulnya 3 unit itu, ah hanya sebagian dari sejumlah jip koleksinya. “Totalnya ada 9 unit jip di garasi saya. Salah satunya yang abu-abu ini,” ujar pak Nardi panggilannya, sembari menyebutkan beberapa unit jip yang dimilikinya, dan mempersilahkan kami untuk mengamati TLC yang berbodi bongsor tersebut.

Sepanjang mengenal dia, sebelumnya kami pernah meliput beberapa koleksinya. Diantaranya yang paling serem, TLC FJ45 jangkung kekar karena pakai ban ukuran 36 inci, lalu Willys Jeep, pernah pula ulas Jeep CJ 7 berwajah Wrangler.

baca deh

Toyota FJ45-1976, Jangkung Dengan 10 Sokbreker, Tapi Nyaman?

pak nardi dengan 3 koleksi khusus TLC nya

Koleksi lainnya, ada pula TLC BJ40 dengan mesin diesel bawaan, lalu Suzuki Siera, Daihatsu Taft F50, Land Rover dan lainnya.

Nah kembali lagi, yang bikin penasaran sosok abu-abu berbodi bongsor. Selidik punya selidik, saat diintip suratnya tertera TLC FJ 40 kanvas. Namun kalau liat sosok panjangnya, sebelas dua belas dengan TLC FJ45.

mesin muda, 2F 81

“Ini rangka sasisnya TLC FJ45, namun dimodifikasi kanvas,” yakin pak Nardi.

Kurang yakin dengan hal itu, kami coba menelusur pemilik lamanya sesuai surat jip tersebut, yang kebetulan kami kenal baik. Seorang pebengkel jip Seribu Pohon di Jogjakarta, Rajendra Haryo Tejo. Yang langsung kami konfirmasi.

ac dibawah dasbor dan jok pisah

“Itu aslinya pick up, namun dimodif jadi FJ45 versi kanvas. Bodinya pakai FJ40 kanvas namun dimodifikasi. Kaki-kaki standar tuh. Mesinnya pakai 2 F kelahiran 81, girboknya pakai 5 speed,” ungkap Dido sapaannya. Proses modifnya ya d bengkel Seribu pohon.

Nah singkat cerita, jip tersebut lalu pindah tangan ke pak Nardi, itupun sudah sekitar 10 tahun yang lalu.

Dan nyatanya TLC FJ45 ala kanvas ini memang sip. Jahitan bodinya rapi jali. ya macam versi kanvasnya FJ45 gitu. Saat dibuka pintu belakangnya, jok belakang yang hadap-hadapan itu panjang banget. Panjang jok ngikutin kontur bodi interior belakang.

jok belakang ‘dowo’

Oh ya tak ada sekat antara kabin depan dengan belakang ala pick up.  Yang unik lagi konsole AC, tampak tertanam di tengah, dibelakang kabin interior depan yang tampak dipasang jok model pisah.

Sedangkan di kabin depan pun dibawah dasbor juga ada konsole AC. ya dobel blower gitu. Kebayang kan ademnya ruangan kabin jip ini saat AC nya nyala semua. Hehehe..

ac ditengah belakang jok depan

Makin gagah akibat kaki-kakinya pakai sepatu Challenger alumunium R15 dengan lebar 10 inci. Pelek itu dibungkus ban ukuran 33.

Walau sudah memiliki beberapa unit jip, pak Nardi masih punya cita-cita. “Saya ingin punya FJ45 yang hard top dan Jeep J20, itu lho gladiator. Sangar banget. Rencananya kalau sudah komplit mau jalan-jalan sama keluarga besar saya, pakai jip semua koleksi saya ini,” tutup pak Nardi dengan senyum khas nya.

peleknya challenger lebar tambah bikin gagah

Ah ajak-ajak ya pak..-admin-

foto lain dibawah ini

Galeri TLC FJ Koleksi Sunardi Piyungan