Peugeot 403 1961, Penghuni Showroom Mobil Klasik Yang Menanti Pinangan Kolektor

siap menanti pinangan kolektor

Solo(ss)-Berwarna putih mobil ini tampak parkir manis di sebuah showroom khusus mobil Klasik yang berada di jalan prof dr Soeharso 47A, Jajar Solo. Seolah memanggil untuk dipinang, atau dibeli kolektor atau pun penggemar mobil tua. Yup memang begitu adanya.

wajahnya jadul banget nih 403, dan salah satu yang masih jalan aman

Menurut Karmen pengelola showroom tersebut, unit yang tak lain adalah Peugeot 403 kelahiran `1961 layak dikoleksi. Katanya nih, keberadaannya di tanah air bisa diitung. Apalagi yang masih siap jalan, dikendarai.

“Setau saya total ada 6 unit di tanah air. Salah satu yang masih wara wiri dan eksis melalui medsos ya ini,” bangga Karmen saat dijumpai di showroommnya, Java Classic Autolink, nama lokasi mobil itu parkir manis.

emblem komplit

Karmen lantas bercerita. Peugeot 403 merupakan salah satu unit yang layak dikoleksi. Karena mobil jadul itu punya beberapa kelebihan.

“403 termasuk yang laris saat diluncurkan di Prancis. Bermesin 4 silinder 1300 cc, mobil ini sudah dilengkapi sunroof manual. Serta beberapa keunikan. Misalnya isi bahan bakar mesti buka stoplamp belakang kiri Persnelingnya pun tangan, dan nyaman lah,” papar Karmen.

atapnya bolong bos, ada sunroof geser
4 silinder 1300 cc bawaan lahir, pengapian masih platina..namun sehat

Sedikit merunut keberadaan mobil itu di Solo, katanya sejak 2016 mobil tersebut sudah berada di Solo.  Pemiliknya tak lain rekan Karmen. Seorang penggemar Mercedes Benz asal jakarta, yang mengirim mobil itu dari Jakarta. Untuk dijual.

“Saat tiba di solo keadaan mobil sudah terestorasi namun memang belum sempurna banget. Atau masih ada peer,” lanjut pria yang aktif di PPMKI Solo Raya dan Mobil Antik Surakarta (MAS) itu.

buka dan isi bbm disini

Singkatnya, memang ada peer. Ini tampak banget bila mengamati kondisi unitnya. Misalnya saja bagian interior, seperti plafonnya perlu dijamah, dan beberapa bagian lain.

Namun yang patut diacungi jempol, adalah mobil ini beberapa perniknya masih utuh dan masih siap jalan dan. Ini kami alami saat sesi foto. 403 tersebut lanjay (lancar jaya) melaju di jalanan menuju lokasi foto. Studio Lokananta.

dop pelek ada nih
intriornya nih, joknya mepuk bener

Tak cuma itu sih, saat PPMKI Solo Raya anjangsana ke Wonogiri beberapa bulan silam, 403  ini angler aman melaju dengan mobil tau lainnya, sampai Wonogiri tanpa kendala.

Eh satu lagi keberadaannya di Solo, ikut mempelopori kehadiran komunitas MAS. “Waktu itu bersama Opel Kapiten milik rekan saya Api. Dari situ lalu MAS hadir,”senyum Karmen.

Ngomong-ngomong, 403 rare ini siap dipinang lho. Bisa buat nambah koleksi. Soal ada peer, ah namanya mobil tua kan. Kalau ada peer itu ya wajar. Minat?

kontak karmen ya kalau minat

Monggo kontak hape Karmen di nomor 08122822289. Untuk test drive atau untuk ngobrol lebih jauh soal unit tersebut. -admin-

sekilas videonya

https://youtu.be/gxvKayloLnI