Begini Cara Gembur, Seorang Penikmat Vintage, Terhadap Enduro Trail Yamaha IT465 Miliknya…

Karanganyar(ss)-Konon keberadaan Yamaha IT465 keluaran 1982 khususnya di tanah air, termasuk langka.

Nah beruntung kami ketemu satu unitnya di Karanganyar. Di acara Sumpah Tril Tua (STT) yang sukses digeber Minggu (28/10) lalu. Motor itu dipajang di panggung.

trail langka dipajang

Usut punya usut, trail kategori enduro tersebut dipelihara oleh Ari Purmono yang ngetop disapa Gembur. 

Yang unik dan rada bikin senyum, Gembur ngaku bukan pengetrail atau penggemar, pelaku trabasan. Namun dia termasuk aktifis di kegiatan Sumpah Tril Tua (STT). Diapun juga ngaku kalau rada repot naik trail langkanya itu. Lha tinggi soalnya.

saya penikmat vintage, ini cara saya nikmatin IT465

“Saya bukan pengetrail, saya hanya penikmat vintage. Saya suka motor trail lawas macam Yamaha DT, Kawasaki KE, Suzuki TS. Saya punya semua tuh. Juga yang langka begini IT465,” bangga Gembur yang ngaku kelahiran 1982. 

ini speedonya
headlamp bulat ciri enduro klasik
kabel gas spontannya

“Kalau orang bilang saya enggak bisa nikmatin karena ribet naik trail ini, Ah itu salah. Saya punya cara sendiri. Nyawang trail ini sambil ngerokok ngopi udah nikmat, apalagi sambil ngelap-ngelap bodinya. Wah nikmat,” senyum Gembur yang tak ambil pusing nyinyiran orang..

Maka diapun kasih masukan saat mau sesi foto. IT465 dimasukin keruang tamu rumahnya, dimana dia duduk santai di kursi goyang sambil ngebul ngerokok santai sembari ngeliatin koleksinya itu. Wuih aseek tenan ….

ada tas tool kit juga

Tak cuma itu, pengusaha kuliner ini lalu berceloteh panjang lebar saat dapat unit langka yang konon ditebus dengan harga yang tak murah.

“Saya dapat info dari Endhot teman saya. Nah yang punya itu kolektor yang juga penyuka vintage. Karena ada kebutuhan dia coba lepas,” ucap Gembur sambil liatin kwitansi pembeliannya.

Namun dasar Gembur udah suka, langsung samber, dibayar. Bukan begitu bos. hehehe.

Setelah ditebus kondisi motor masih terlihat seperti di foto. Baik cat nya yang masih ori dan berbagai pernik bawaannya.  Sempat pula motor itu dibawa ke bengkel untuk dibenahi dikit-dikit.

Akhirnya itu tadi, IT465 jadi kebanggaan dirinya. Saat dijadikan unit pajangan pada suatu acara tril tua. Di situ dia enjoy banget. Maklum tak ada yang ngembarin.

rem depannya begini nih
armnya begini

Beberapa detilnya memang terlihat beda. Diantaranya lingkar roda belakang berukuran 17 inci. bukan 18 atau 16. Lantas rem depannya masih tromol, tapi terlihat sistem tarikan rem nya di tromol ada 2. Sehingga pengereman mumpuni walaupun bukan bersistem cakram.

Satu yang membuat Gembur kurang sreg adalah pelapis joknya. Katanya mirip roti tawar. “Harusnya polos aja nih,” kilahnya.

joknya kek roti tawar

Rencana ke depan, IT 465 akan tetap jadi koleksinya. Maksudnya belum ada dalam pikirannya akan djual.  mantap ..-admin-

akan disimpan

 

 

 

 

 

 

Nah karena engagk baisa nikin,