Ini Rencana Monita Saat Duduk Sebagai Anggota Di Komisi Perempuan IMI Pusat…

Jogjakarta(ss)-Ratu kebut lurus Ismonita Permatasari dari Jogjakarta  sepertinya akan punya kesibukan anyar nih. Monita sapaannya, sepertinya masih akan berkiprah di dunia otomotif khususnya balap roda 2 namun ‘beda jalur’. Lha koq?.

Yup beneran nih. Kemungkinan besar doi bakalan tak lagi secara real betot gas pol di lintasan drag bike, namun akan lebih eksis di jalur Komisi. Yakni sebuah Komisi yang dibentuk oleh  Ikatan Motor Indonesia Pusat, khususnya dalam Olahraga Sepeda Motor yang fokus untuk kail prestasi kaum perempuan.

“Saya akan tetap di dunia balap. Tapi enggak balap lagi. Sekarang ada tugas dari PP IMI. Buat memperbaiki balap motor, terutama prestasi drag bike buat perempuan  nih,” ujar Monita.

Surat Keputusan (SK) terkait penunjukkan dirinya ber-nomor:  239/IMI/SK- KU/A/X/2018. Surat tersebut ditanda tangani oleh Sadikin Aksa ketua umum IMI Pusat,  ditetapkan  Jakarta  Pada Tanggal  12 Oktober  2018.  Kabarnya nih Monita menerima SK tersebut pada 18 oktober lalu.

Pada SK tersebut, tak hanya Monita yang duduk di Komisi Perempuan. Namun juga 4 wanita lain yang berasal dari provinsi DKI Jakarta. Diantaranya Arini Nilawati, Shakina Pieka Puspita, Nur Hasnah, Saraswati. Satu-satunya yang dari Yogyakarta, adalah Ismonita Permata Sari atau Monita.

Ngomong-ngomong lantas apa fungsi dan tugas komisi perempuan ini ya?.Wah macam-macam gaes. Intinya komisi ini bertanggung jawab langsung ke IMI Pusat..

Diantaranya, membantu merumuskan peraturan peraturan  dan  tata  cara untk menyelenggarakan / mengorganiser suatu perlombaan Olahraga Sepeda Motor untuk perempuan.

Lalu mengawasi tiap perlombaan  dan  kejuaraan  Olahraga Sepeda Motor sesuai dengan Kalender Olahraga IMI Pusat  dan  sesuai  dengan  peraturan  yang  telah  ditetapkan. Dapat  mengusulkan  Pengawas Perlombaan  dari  Komisi Perempuan  Dalam  Olahraga  Sepeda  Motor  kepada  Bidang Olahraga Sepeda Motor melalui Ketua Komisi Perempuan Dalam Olahraga Sepeda Motor.

Tak hanya itu, komisi ini juga punya tugas  membantu menyusun dan menyempurnakan Peraturan Nasional Olahraga Sepeda Motor untuk perempuan beserta  kelengkapan kelengkapannya.

Membantu Ketua  Komisi Perempuan Dalam Olahraga Sepeda Motor  mengusulkan  tingkatan/kategori  perlombaan  Olahraga Sepeda Motor untuk  perempuan, baik tingkat  Provinsi maupun Nasional termasuk putaran-putaran Kejuaraan Nasional, dan lainnya. Banyak deh.

“Intinya komisi ini fokus mengurus perempuan yang eksis balap motor, termasuk salah satunya drag bike wanita,” ujar Monita.

Monita juga mengakui ini adalah pengalaman baru baginya. Sehingga dirinya perlu mempersiapkan diri. Seperi misalnya hadir pada kejuaraan atau kompetisi balap yang melibatkan kelas khusus perempuan.

Seperti saat Motorpix yang akan digeber di Purwokerto Sabtu dan Minggu (27-28/10) nanti , dirinya dikabarkan akan hadir.  Pasalnya ada kelas wanita di even itu.

“Saya bersama Bunda Inux Blazer Women In Motorsport (WIM), ya cari pengalaman deh,” kata Monita lagi. “Selain itu saya akan mencoba mendorong hadirnya pronas yang bikin even balap semusim dan ada kelas wanitanya,” tutup Monita.

Oya,  dia masih akan gas pol di seri IDC putaran akhir yang akan digeber 10 November 2018 nanti.  Pasalnya di even itu klasemen poinnya masih teratas, namun itu kayaknya itu kiprah  terakhir kalinya, dia gas pol di kebut lurus.  . -admin-