Buat Pemula Yang Ingin Meminang Toyota Land Cruiser FJ Atau BJ, Pilih Yang Sudah Jadi Aja …

Solo(ss)-Penggemar jip 4×4, pasti kenal dengan sosok jip jepang Toyota Land Cruiser, TLC FJ. Kehadiran jip jepang legendaris ini memang punya magnet tersendiri bagi penggemar juga penggunanya.

Singkatnya banyak kelebihan dari unit jip yang tampilannya khas tersebut. Salah satunya seperti dikatakan oleh Rajendra Haryo Tejo, punggawa Bengkel Seribu Pohon, Jogjakarta.

“Satu sisi kelebihannya, gardan bawaan seperti tipe TLC FJ 40 itu, adalah gardan yang kuat. Maka komponen gardannya merupakan gardan favorit yang dicari offroader saat ngebangun jip buat offroad,” yakin Rajendra Haryo Tejo, punggawa Bengkel Seribu Pohon, Jogjakarta.

Itu baru satu kelebihannya bos. Belum lagi Lainnya, seperti nilai jual jip TLC termasuk tinggi, enggak merosot. “Sebagai sebuah investasi memelihara TLC  versi  FJ atau BJ itu lebih menguntungkan dibandingkan seperti kalau simpan jip merk lain. Jadi enggak rugi kalau anda pehobi jip dan memelihara jip Toyota,” yakin Haryo, pemain jip juga pedagang jual beli jip asal Solo.

Bayangkan harga TLC FJ or BJ itu rata-rata tinggi dan belakangan tahun pembuatan enggak begitu dipedulikan. Kecuali kalau yang berburu TLC itu masuk ke ranah pehobi ya.

Bila  mengintip berbagai  informasi sekaligus searching pada grup-grup di media sosial, hanrag unit TLC FJ bermain di kisaran angka Rp 150-an juta keatas. Dengan bandetol segitu, biasanya jip sudah tampil mulus, atau ada juga juga yang sudah dilengkapi berbagai aksesoris penunjang lain.

Pilih yang udah jadi wae ben penak…

Sedangkan yang murmer  di angka Rp 70-an juta  kebawah misalnya, biasanya berupa bahan tuh.  Nah yang begini biasanya jadi incaran pehobi penyuka bahan. Wow…

Sehingga dari berbagai kelebihannya, kita tahu bila jip tersebut akhirnya memiliki klub atau komunitas loyal dari berbagai kota di tanah air, serta sering melakukan kegiatan-kegiatan positif yang diposting melalui medsos.

Ini juga yang akhirnya ditengarai membuat magnet untuk ingin tau soal unit TLC dan ingin meminangnya. “Gagah banget tampilannya, kebetulan dulu om saya pernah pakai jip TLC sebagai unit jip dinasnya. Sekarang jadi ingin punya nih,” aku Wendy, seorang warga Gentan Sukoharjo yang saat ini lagi berburu unit TLC..

“Cuma bingung juga. Enaknya beli tahun berapa, yang bahan apa yang  udah jadi?. Yang hardt op apa soft top ya, soalnya yang pakai atap kanvas atau softtop itu keren juga,” lanjut dia sambil garuk kepala

Nah buat pemula seperti Wendy, mungkin kiat-kiat untuk meminangnya perlu diperhatikan. Tujuannya,  paling tidak enggak kecewa di kemudian hari bahwa jipnya terlalu ‘tebal bedak’ bodinya. Belum lagi bila suatu saat mau balik nama enggak bisa karena lain propinsi, akibat dapur pacu jipnyan itu saat dibeli masuk kategori ‘diesel tembus’. Belum lagi kalau nekad  beli bahan murah, malah kedaleman rogok kocek dan jip tak jadi-jadi,  Nah, puyeng jadinya.

Maka searching tentang ciri-ciri TLC FJ sebanyak mungkin dan banyak tanya memang mutlak dibutuhkan.

“Memang harus banyak tanya dan searching terkait unit TLC. Kalau mau beli, buat pemula saran saya beli jadi saja. Karena  langsung bisa pakai. Kalau bangun lama. Teknis beli jadi itu ajak orang yang tau untuk ‘ngekir’. Beres.,” yakin Dido, sapaan Rajendra Haryo Tejo.

Masih menurutnya, soal harga di kisaran Rp 150 juta itu wajar, dan biasanya sudah siap pakai. Hal senada juga diiyakan Haryo .

ajak yang paham deh

Soal pilih versi hard top atau soft top, ini tergantung selera. Biasanya bila sudah punya hard top ya pilih kanvas. Namun  buat pemula, pilih ke hard top saja. Ini didasari pendapat yang simpel. Unitnya, lebih mudah dicari yang hard top. Selain itu  enggak perlu lagi dandanin kanvasnya, Karena atap kanvas cenderung kemakan usia. Seperti jahitan sobek, kaca plastiknya buram dan sebagainya.

Sedangkan bila memlilih versi BJ atau versi diesel, nah ini perlu diperhatikan. Selain harga BJ itu dominan lebih tinggi. “Bagi pemula, saran aja  pilih yang mesin dieselnya bawaan lahir mobil. Bukan aslinya bensin diubah jadi diesel. Atau sering disebut diesel tembus.Pengalaman aja, bila mau balik nama dan pindah propinsi akan ketemu kendala nanti. Ribet kan.  Kalau pehobi lama, yang begitu biasanya enggak masalah,” wanti Haryo yang aktif di Land Cruiser Solo raya (LCSR)

Nah dengerin deh, intinya bagi pemula yang naksir berat dengan TLC FJ atau BJ, kalau ingin meminang ajak aja mereka yang paham terkait jip TLC, atau dolanlah ke komunitass setempat, dari situ akan dapat masukan asik. Bahkan mungkin akan dibantu, dicarikan jip yang sesuai kocek sampeyan. Iya to… -admin/doklcsr-