AMC Jeep CJ7-1985, Jos Luar Dalem….

kesingnya wrangler, aslinya cj7

Jogjakarta(ss)-Pembaca mungkin inget dengan Toyota FJ 45 jangkung yang kaki-kakinya ditopang 10 unit sokbreker Rancho milik Sunardi warga Piyungan Jogjakarta.

dari belakang kayak gini…

Nah yang ini, juga miliknya. Yakni AMC Jeep CJ7 keluaran 1985 yang tampil ganti kulit, eh wajah. Disebut begitu karena kesingnya full Wrangler dan katannya orisinal.

versi diesel nih…bawaannya..sayang kotor aja…

“Dari kap mesin, grill, frame, fender sampai kanopinya (atapnya) itu Wrangler semua. Kalau mesinnya peminum solar bukan pertalite atau pertamax. Ini memang versi diesel,” ungkap Sunardi sambil senyum.

pake over fender biar keren

Pria paruh baya yang disapa Pak Nardi itu lantas membeberkan, bahwa jipnya itu varian diesel. Dapur pacunya bermesin Isuzu C240 dengan konfigurasi OHV 8 valve 4 silinder 2400cc. Menurut literatur, mesin diesel ini bisa semburkan tenaga 68Hp dan torsi 145Nm. Versi diesel ini kata pak Nardi irit asupan bahan bakar.

wajah wrangler banget

Namun bukan itu yang jadi kelebihan jeep Pak Nardi bos. Tapi tampilannya itu lho, adalah varian Jeep yang lebih muda. yaitu Jeep Wrangler. “Seri yang TJ Wrangler tahun 90-an itu lho,” bisik Oscar Permadi, putra pak Nardi yang ikut di sesi foto.

sejumlah variasi terpasang

Oscar juga kasih info, bahwa Jeep ayahnya itu hasil garapan bengkel modifikasi terkemuka Kupu-Kupu Malam di Jogjakarta. Bengkel ini kondang dengan karyanya, custom car yang tampil di kontes modif bos.

Maka detilnya oke punya. Itu yang di luar. Bagian ‘dalemannya’  ah istimewa. Apalagi dasbornya. Beda banget dengan Jeep biasa.

tuh dasbornya…beda kan

“Setahu saya itu punya Avanza,” bilang pak Nardi lagi sambil nunjukin komponen dasbor CJ7 nya.

sisi entertaintment di kabin, ada bos

Sehingga ketika masuk ke dalam, aura ‘mobil lain’ tampak terasa. Hehehe. Maka bener kan kalau disebut jos Luar dalem…-dewa-

gagah

-spek-pelek variasi-bodi fender, atap, frame, kaca depan, kap-Wrangler TJ-ban Savero Xtreme-spotlamp Mode305-

baca: Toyota FJ45-1976, Jangkung Dengan 10 Sokbreker, Tapi Nyaman?