Bengkel AR Solo, Order Yang Ramai, Garap Truk Unimog…

ini masih bahan bos...

.Solo(ss)-Dikenal sebagai bengkel jip, bengkel AR yang berada di bilangan jalan Juanda Solo, belakangan malah banyak menggarap unit truk besar.

Eh jangan salah bukan truk biasa yang buat angkut pasir atau angkut bahan bangunan. Bukan bos. Tetapi truk eks militer seperti Unimog.

ordernya sangar ya, truk unimog

Ini terbukti ketika mampir ke bengkel tersebut. Tampak beberapa unit truk Mercedes Benz, mulai dari bahan utuh. Atau ada juga yang sedang dibangun.

“Tipenya UL 1300. Ada yang direstorasi, dan dimodifikasi seperti dibuat model d-cab,” ucap Yanto, onwer bengkel AR ketika disambangi ke rumah kerjanya.

Berdasar data, dulu bengkel jip ini sering menggarap jip. Baik untuk offroad maupun untuk kepentingan berburu.

semau lini dioprek biar siap jalan

“Sekarang jarang dapat order begitu. Yang ramai malah Unimog. Ya karena jarang yang mau menerima order membangun Unimog seperti ini. Kalau dihitung sudah sekitar 20 unit Unimog yang berhasil dibangun. Mayoritas order dari Jakarta,” lanjut Yanto sembari menunjukkan beberapa foto hasil karyanya.

Wah keren-keren bos. Pasalnya, tak melulu Unimog besar itu tampil dengan corak warna militer. Ada yang tampil dengan warna solid mengkilat, atau ada juga yang tampil nge-dof tapi bukan warna hijau.

Struktur bodinya pun oke. Tak melulu truk. Ada yang dimodifikasi ala d-cab. Tampak ada ruang tambahan dalam kabinnya. Sehingga bisa dimuati lebih banyak penumpang, dan lega pastinya.

dibuat model d-cab

Yanto bilang, tak ada kendala ketika membangun truk berbentuk kotak itu. Masalah keberadaan spare part bukan  masalah. Ini karena teknologi internet yang sedemikian maju saat ini. Gampangnya tinggal search ke dunia maya, spare part yang dicari ada dan tinggal order. Disamping dirinya memang punya link khusus dengan penjual spare part. Sehingga benar-benar bukan masalah soal sparepartnya.

Ngomong-ngomong kira-kira berapa ‘amunisi’ yang dibutuhkan untuk merestorasi Unimog?. Monggo kontak langsung Yanto di nomor hape 081329210101.  -dewa-