FIM Asia Supermoto Championship 2017, Indonesia Berhasil Podium 5 Melalui Doni Tata…

Doni podium 5 FIAM Asia supermoto

Solobaru- Doni Tata Pradita, akhirnya menjadi pembalap supermoto Indonesia yang masuk di 5 besar Asian Class Podium di FIM Asia Supermoto Championship (ASC) 2017,  yang digelar di The Park mall Solo Baru Minggu (15/10). Dia malah berhasil meninggalkan jauh beberapa pembalap asal tanah air lainnya, seperti Pedro Wuner, Farhan Hendro.

Walau tak raih podium 1, setidaknya raihan itu masih membuktikan bahwa pembalap asal Sleman ini memang masih bisa lah berkompetisi di kejuaraan supermoto level Asia yang digelar di lahan parkir beralaskan paving block itu.

podium 5 FIM ASC

Seperti diberitakan sebelumnya Doni sapaannya, memang ikut turun gelanggang FIM Asia Supermoto. Dia main di kelas FIM Asia, dan Supemoto Open yang diikuti pembalap tanah air. Sebelumnya pula, diketahui belakangan dia memang sering gas pol di kompetisi supermoto. Seperti Indonesia Supermoto Championship (ISC) dan Trial Game Asphalt. Dan pulang bawa podium.

Sebelum turun di FIM Asia Suprmoto 2017 ini, sejumlah persiapan dilakukan. Termasuk menseting tunggangan KTM Enduro 350 milik teamnya, HTJRT Smart Samarinda Jasti Putra.

“Yang pasti seting suspensi. karena ternya tak panjang dna rada sempit. Suspensinya pakai ADD. Knalpot pakai FMF dan komponen mesin semua diseting ulang,” kata putra pasangan Kiswadi dan Haryani.

dengan teamnya…

Seting suspensi memang mutlak. Terbukti di moto awal, kendala bantingan suspensi dialami. “Sempat mlintir tuh motornya. Sehingga finish kedodoran di urutan 8.  Lalu jelang moto 2 adjust suspensi. Syukurlah bisa gas pol masuk posisi ke 6,” bangga Doni.

Kiswadi ayah Doni yang ikut menjaga setingan motor Doni itu mengiyakan. “Suspensi ini memang butuh setingan karena main di paving blok. Kontur paving blok itu sebenarnya bagus ngegrip banget. Namun ingat ada bumpynya. Bila setingan suspensi enggak pas, motor liar dan mlintir mlintir,” lanjut Kiswadi.

Tak hanya  itu, di kelas SM Open yang diikuti pembalap nasional tanah air, dia juga podium. Bahkan podiium 1. Lagi-lagi menang atas Farhan Hendro dan Pedro Wuner, dua pembalap tanah air yang memang ikut di FIM Asia Supermoto.

masih bertaji

Dengan hasil ini Doni mengakui ada keinginan untuk turun gelanggang di seri FIM Asia selanjutnya. Namun semua itu tergantung pihak sponsor dan team. Sementara setelah ini dia akan fokus di seri terakhir trial game asphalt. Pokoknya masih gas pol deh…-dewa/foto:max-