Land Rover Seri 1, 1956, Ini Dia Sosok Macho Di Burn Out 2017…

seri 1 gagah ya...

Solo-Gelaran Burn Out Sabtu  (9/9) lalu yang digeber di halaman The park mall memang telah usai. Namun stangstir.com masih menyimpan beberapa koleksi mobil yang dijumpai pada helatan itu. Salah satunya yang ikut nyelip diantara deretan mobil partisipan Burn Out dari komunitas Mobil Antik Surakakarta (MAS). Yaitu jip macho Land Rover Seri 1, lansiran 1956.

Jip berwarna hijau tua yang tampak gagah klasik, resik nan apik itu selalu jadi perhatian siapapun yang datang ke Burn Out. Sebagai obyek foto-foto dan tak jarang pula ada yang mengamati berlama-lama. Dari mengintip interior, ruang mesin bahkan juga kolong Land Rover Seri 1 ini. Memang menarik sih..Sampai-sampai di kertas spek dituliskan not for sale. Iya sayang ah…

Nah Landy itu dibawa oleh Ramelan. Katanya jip itu milik bapak mertuanya, bernama Irawan Prawirohardjo, seorang dokter yang mukim di Wonogiri. beliau memang penggemar otomotif dan sangat suka dengan jip Inggris legendaris seperti Land Rover. “Ini salahsatu jip koleksi bapak. Selain ini masih ada 2 unit lagi. Salah satunya ada yang masih restorasi,” ungkap Ramelan Atmajaya mewakili Irawan.

Katanya lagi sebelum tampil mulus begini, sebuah restorasi panjang dilakukan. “Dulu cat bodinya amburadul. Yang baik cuma mesinnya. Dibeli karena saat itu bapak juga suka koleksi motor Inggris. Nah jip ini dibeli buat gotong motor,” kata pria yang pebisnis kopi dan cairan pencuci bodi mobil sambil senyum.

Sesuai ceritanya, Landy seri 1 ini nyaman dikendarai. Mesin bawaannya 4 silinder 2586cc terdengar halus ketika dihidupkan. Asupan bahan bakar terlihat digawangi karburator Weber. Handling stirnya tak lagi berat malah ringan karena sudah disusupi komponen powerstering. Komponen tersebut menggunakan copotan TLC VX. Hal ini berdasar informasi dari Adam punggawa bengkel Pembina Purworejo yang dihubungi via wa. Buat tahu dialah yang mengawangi prosesnya restorasi Landy ini. Selain itu sistem pengereman juga diperbaiki. Yang depan diubah discbrake, dan sentral rem nya diubah pakai booster. Aman dah.

Tampak pula terpal atapnya yang berwarna krem itu terlihat resik. Seresik warna hitam ban Intirub Super Grip XM 7.00-16 yang membungkus pelek standar ring 16. Wes lah ini sosok yang jip yang paling macho, gagah di Burn Out 2017. –ronald-