Hindari Korsleting, Sesuaikan Ukuran Kabel Bodi Dengan Peruntukannya…

jangan asal pakai sesuaikan ukuran

Solo-Komponen kabel bodi termasuk salah satu komponen di motor atau mobil yang vital. Pendapat ini diungkap oleh Romy, dari bengkel custom motor Rom,s Cycle Works (RCW) yang terbiasa menggarap modifikasi motor gede macam Harley Davidson dan menyeluruh.“Biasanya karena modifikasinya total, saya perlu merancang ulang kabel bodi motor. Di situ saya menggunakan kabel bodi yang khusus buat industri otomotif, bukan kabel bodi biasa,” kata Romy nunjukin komponen gulungan kabel yang dimaksud.

Katanya lagi,  kabel yang digunakan biasanya berbagai ukuran. “Intinya bila beban kabel itu besar, pilih atau gunakan kabel yang besar ukurannya. Misal kalau pakai bohlam. Pilih kabel ukuran 18. Sedangkan kalau mau tanam led, bisa digunakan ukuran 12,” lanjut dia.

kabel dan soketnya pilih yang kwalitas ya…

Pemilihan ukuran yang berbeda itu juga mengindari korsleting karena beban yang berlebihan. Selain itu membuat penataan kabel bodi yang rapih. Maka bila mampir di garage RCW, banyak sekali gulungan kabel sesuai ukuran. Romy mengakui stok yang banyak itu karena di Solo sendiri stok pilihan kabel khusus pengunaan otomotif kurang komplit.

Tak hanya kabel yang penting, komponen soket kabel berbagai ukuran dan berkwalitas baik pun dia siapkan. “kalau enggak bagus takutnya karena beban panas berlebihan akan menyebabkan korsleting,” yakinnya tanpa sebut merk.. –moen-