Londo Suspension, Dokter Sokbreker Motor Trail…

londo dokter suspensi trail

Solo-Londo Suspension atau boleh juga disebut Londo ORF, itu sama saja. Yang jelas itu si Londo mekanik kawakan yang bernaung di ORF milik Denny Orlando, crosser nasional. Nama aslinya Kus Yulianto, atau Kus Londo. Dia bukan turunan Londo, namun Jawa tulen. Pastinya bertangan dingin. Dia jago korek mesin motor trail, baik trail lokal macam KLX, Ninja, maupun trail impor sekelas SE. Terbukti motor korekannya membawa Denny orlando podium, termasuk crosser lainnya.

Kepiawaiannya tak hanya soal mesin, tetapi juga yang lain. Seperti seting rangka custom buat Kawasaki Ninja yang terjun di trial game, dia bisa. Termasuk menperbaiki suspensi. Baik sokbreker depan macam up side down (usd), juga monosok belakang.

Katanya problem seputar suspensi biasanya rembes oli. “Itu problem sil nya, baik usd maupun monosok. Kebocoran atau rembesnya oli suspensi paling sering pada sokbreker depan daripada monosok belakang. Biasanya banyak dijumpai usia motor lebih dari 5 tahun. Solusinya sokbreker dibongkar dan diganti oli dan silnya,” yakin Londo serius.

bukti usd oprekan dia…

Menurutnya lagi selain benerin yang bocor, ah macam benerin genteng aja,  upgrade suspensi diklaim ramai. “Rata-rata karena rebound suspensi bawaan motor kurang mantap ketika motor trail dipakai jumping dan jatuh ke tanah. Ada yang bilang ajrutan balik suspensi terlalu keras, namun ada juga yang bilang lembut. Makanya ini semua tergantung bobot pengguna motornya juga,” papar dia. “Tinggal dibongkar dan dimodifikasi dalamnya dengan disusupi ring,” terang Londo tanpa mau jelasin lebih detil.

ragam ring nya…

Terbukti, beberapa crosser ngakui setingan suspensi Londo.  Salahsatunya Cahyo Utomo si Badak Terbang yang motornya ditangani langsung oleh Londo. Ingin tahu berapa sih upgrade suspensi begitu. Yang pasti bukan Londo yang jawab. Tapi Denny Orlando, kan dia bosnya ORF.  “Lhat kondisi sokbreker dan monosoknya juga. Pokoknya ada garansi, lama pengerjaan sekitar 2 hari,” yakin Denny yang ikutan nimbrung. Jadi bila butuh layanan Londo, bisa bawa motor sampeyan ke ORF di ruko pasar Gentan, atau kontak Denny di 08122981583 untuk tanya detilnya, biar enggak penasaran. –lina-