Foton 2013, Wisanggeni Suguhkan Kopi Geni…

jadi jualan kopi berjalan

Jogja-Unit mobil dengan dapur pacu turbo diesel yang bentuknya mirip mobil travel antar kota ini terlihat pada pameran tunggal seniman Harry jaran, ‘Angin Jawa’ media mei-Juni 2017 lalu. Diberi nama Wisanggeni, mobil besar berwarna merah itu alsinya Foto thaun 2013. Dicat dengan rona wayang dan menggotong sepeda custom bermotor yang juga karya Harry Jaran. baca: Angin Jawa Harry Jaran, Apresiasi Luas Dan Akan Bikin Sanggar Seni

label wisanggeni…bikin bos…
airbrush wayang..bikin beda tampilannya

Usai pameran tunggalnya Wisanggeni yang ditopang ban offroad GT Radial Komodo MT15. 235 75 r15 enggak dibiarkan parkir sebagai karya seni instalasi saja. Mobil yang awalnya mau dirancang sebagai studio berjalan oleh harry, malah eksis sebagai foodtruck dengan menyajikan minuman kopi dan makanan. Kiprah pertama sebagai kendaraan kuliner terlihat pada sebuah event otomotif di Sleman. Dan mendapat respon siapapun yang melihat. Semata-mata karena tampilannya ‘nyeni’ banget.  “Namanya sekarang juga bertambah. Wisanggeni Kopi,” senyum Harry Jaran dari rumah seni Adventure Art di Seturan Jogja.

ban offroad…

Harry lalu bercerita, Wisanggeni didapat sekitar 1.5 tahun lalu. “Dapat dari gudang PLN. Saya terpikat karena bentuknya blind van. Dan sangat siap buat diapa-apain.” ujar dia. Selanjutnya lahirlah Wisanggeni bos. Lalu cerita sebagai bakul kopi dilalui dengan banyak jalan. Intisuisi kesenimanannya terumbar semua di situ. Bahkan di sisi interior. Satu contoh soal sistem kelistrikan terkait penerangan kabinnya.

ada keris di dasbor…
jok balap lengkap sabuk pengaman di kabin

Sistemnya dibuat Mandiiri. Sistem kelistrikan di kabin depan (sektor mesin lampu mobil dan sebagainya) dan belakang, tak terhubung. Alias berdiri sendiri. Di kabin belakang ada 2 lokasi buat meletakan aki. Baik di kiri dan kanan. dengan managemen beda  antara sebelah kiri dan kanan. Yang kiri khusus kelistrikan penerangan lampu kabin, audio dan lainnya. “Cukup pakai aki 12 volt 10ampere. Kalau di kanan itu untuk freezer, microwave. Ada akinya juga 35 amp. Namun dirancang bisa terhubung dengan colokan listrik. kapasitasnya sampai 2500 watt,” papar Harry. “Kerumitannya semua jalur kabel saya rancang  sendiri termasuk mengubah, memodifikasi komponen elektronik berdaya listrik 220 jadi cukup 12 volt saja. Namun saya enggak mengubah kelistrikan bawaan mobil. Saya juga tanam jalur pengisian altenator dengan 2 aki dibelakang. Jadi akinya enggak tekor. Mesin hidup sistem pengisian berfungsi semua,” lanjut dia yakin.

sistem kelistrikan gak ganggu kelistrikan mobil

Semua itu dirancang supaya Wisanggeni Kopi berfungsi sebagai foodtruck dan siap jualan melayani konsumen. Terbukti ketika jualan, lampu di kabin dinyalakan, kemeriahan kabin nyaingin cafe pinggir jalan yang sedang buka. Belum lagi pernik asesoris pendukung di kabin yang unik. Maklum dia seniman bos.

silahkan mau pesan apa….

Soal suguhan kopinya juga unik. “Ada 1 kopi yang cukup laris. Namanya kopi geni. Kopi dituang ke cangkir, ketika mau disuguhkan sedikit entertain disodorkan. Nyalain korek dan api keluar dari kopi,” tawa Harry ngakak. Sst wedang kopinya berasa unik bila diminum..cobain bos hehehe… -lina-

gede bodinya…