Suzuki Crystal 1991, Fungsinya Lebih Dari Sekedar Nembus jalur Offroad…

sekarang cuma dipajang

Jogja -Julukannya mantaps bro, Paramedic Trail Bike. Basiknya hanya Suzuki Crystal kelahiran 1991, yang dipaksa menjadi bektril (bebek trail) menembus jalur offroad. “Ya betul. Dipaksa buat menembus jalur di Merapi setelah meletus tahun 2010. Jadi kelar dimodif begini langsung terjun ikut evakuasi menembus jalur sekitar Merapi yang tersentuh wedus gembel,” ungkap Harry Jaran, seorang seniman serba bisa dari Adventure Art Jogja. baca : Ontoseno, Sepeda Motor atau Motor Sepeda, Pokoknya Mantap Jiwa..

Mengamati modifikasinya, seperti pada umumnya motor bebek jadi trail. Rangka dimodifikasi dengan ditambahi backbone dan subframe belakang ditata ulang. Sehingga bodi YZ lama tangki, panel samping kiri kanan spatbor belakang, bisa dipasang di situ. Kaki-kaki diubah. Sokbreker motor GL Pro ditanam di depan. Kalau belakang disangga monosok Suzuki Satria 2 tak. Armnya custom. Lantas lingkar roda pakai  ukuran 19 depan dan 16 belakang yang dibungkus ban kembang kasar. Sedangkan dapur pacu cukup standar. Hanya ditambah komponen kopling tangan supaya lebih responsif. Sudah itu saja.

ini ceritanya

Buat tahu, bektril ini terpajang pada satu sudut galery Adventure Art di Seturan Jogja. Dia diletakkan di situ sebagai salah satu karya instalasi yang digarap oleh Harry. Namun jangan salah, sebagai ujud karya seni dia tetap sebuah motor yang dulu pernah menembus jalur wedus gembel Merapi. Artinya motor ini bukan patung, namun motor yang punya cerita banyak terkait letusan Merapi tahun 2010. ‘Seingat saya, dimodifikasi dan selesai sekitar 2 minggu sebelum Merapi mbledos,” kata Harry mencoba mengingat.

jadi karya instalasi
dulu lampu gini ngetrend

Yang menarik justru julukannya Paramedic Trail Bike itu. Warnanya merah lengkap dengan tanda + sebagai identitas. Disematkan karena motor ini didesain untuk memberikan pertolongan pertama atau rescue awal bagi korban Merapi saat itu. Makanya ada komponen tas, tas punggung yang dibawa pengendaranya, juga tas kecil berisi obat-obatan di dekat jok belakang dan di stang. “Semua itu barang dibawa saya atau relawan siapapun dia ketika saat itu nembus jalur evakuasi,” yakin Harry yang saat itu ikut sebagai relawan.

ini dibawa semua kalau nembus jalur
komponen pawang ular nih…

Ketika tas-tas itu dbuka, isinya komplit sebagai pertolongan awal. Diantaranya satu tas kotak yang berada di belakang jok. bentuknya mirip tas kotak bawaan KLX 150 itu, tapi ini berwarna merah dan lebih besar. Di dalamnya ada obat-obatan untuk pertolongan pertama. Ini yang mantap, di situ juga tersedia alat yang digunakan untuk menanggulangi gigitan ular atau snake biten. Wah dadi pawang ulo iki...nih. Mantap. hehehe..

“Ada 2 jenis alat yang digunakan buat menghadapi bisa gigitan ular. Yang medis berupa kit merknya Cochlance USA, itu ada ampul buat nanggulangi bisa ular namun pemakaiannya agak sadis. Jadi bekas gigitan ular kita sobek dan masukan isi ampul tersebut.  nah yang medis juga saya sediakan. Namanya kayu Stigi. Ini dari Karimun Jawa, digunakan untuk menyerap bisa ular. Jadi tinggal diletakaan di bekas gigitan ular bro. Bisa itu akan terserap ke kayu tersebut,” senyum harry. katanya hal itu sudah  pernah dipraktekkan, dan rekannya yang terkena gigitan ular, bisa lanjutin nge-jalur lagi. Wela jos tenin iki…

karburator shogun kebo yang dipasang

Singkatnya bektril ini tak hanya ujud motor modifikasi biasa tapi berfungsi lebih. Tak hanya nembus jalur offroad tapi juga bisa nyambi pawang ular. hehehe….-ronald-

spek-ban:irc Irc70/100/19-Irc 90/100/16-pelek:19×1.60,16×2.15-bodi:variasi-stang:dt-kabel gas:spontan-knapot:variasi-kopling:manual custom-bengkel:adventure art-