Ford Fairlane 1958, Mobil Klasik Kaya Pengalaman Dolan…

ford fairlane, ikon kopi mbah doekoeh...

Sleman-Sedan berbodi bongsor nan langka ini adalah Ford Fairlane tahun 1958. Unit ini bisa dijumpai di gerai kopi, bernama ‘Kopine Mbah Doekoeh’ yang berada di jalan Selokan Mataram, Kutu raden, Sinduadi Sleman, atau dekat jalan Magelang. Bisa dibilang dia semacam ikon gerai kopi yang dikelola oleh Suci Teguh, seorang senior di PPMKI DIY  yang gemar dengan sedan klasik Amerika

dibiarin depan gerai kopi..jadi ikon

Ada satu unit mobil tua lagi selain Ford ini bos, yakni Dogde 48 bergaya ratrod. Pastinya keduanya punya cerita menarik. Kembali ke Ford Fairlane 1958 yang berwarna two tone, merah cabe atap puti, adalah salahsatu koleksi mas Suci, panggilannya. “Mesinnya  6 silinder 4000cc, persnelingnya tangan 3 speed saja. Mesinnya bandel saya biarkan dengan pengapian aslinya. Yang pasti mobil ini punya pengalaman dolan atau jalan-jalan yang banyak,” bangga Mas Suci.

dapur pacu 6 silinder 4000cc, bandel

Dia lantas bercerita, Ford ini diperoleh di Magelang. Katanya termasuk langka. “Populasinya, apalagi di Indonesia bisa dihitung, tak banyak. Sudah beberapa kali keliling tanah air. Seingat saya pernah saya bawa sampai Bukitinggi. Ini saya ada rencana tahun depan mau ke Timor Leste dengan Ford ini,” senyum mas Suci.

Intinya mobil ini bukan mobil yang disimpan saja di garasi sebagai koleksi, namun sering diajak dolan, termasuk kalau mas Suci keliling kota Jogja. Buktinya lagi, dia dibiarkan parkir di depan gerai kopi Mbah Doekoeh. Kena panas, debu, kadang ya kehujanan.Membuktikan sedan bongsor yang tangguh.

spionnya unik bos

Masih menurutnya, keunggulan lain dari sedan bongsor ini adalah kontur bodinya bagian belakang yang bersirip. “Itu ciri mobil sedan keluaran tahun 1957, 1958. Puncaknya sampai tahun 1960-an. Kompetitor terdekatnya adalah Chevrolet Impala. Tapi buat saya langka ini,” lanjut dia lagi.

bemper krom, headlamp 4 unit..keren bos

Pernik yang terpasang atau bawaannya juga unik. Contohnya kaca spionnya. Dii bagian depan kaca spion itu, seperti lampu tambahan. Lampu depannya juga ganda. Kiri kanan masing-masing ada 2 lampu, total ada 4 lampu mengawal penerangan di depan. Bemper depan keren banget. Terkrom dan tampak kokoh. Begitu juga bemper belakangnya. Sayangnya di belakang ada yang mengelupas. Mungkin karena usia ya.. Namun dop pada keempat rodanya tampak masih lengkap. Asesoris yang modern menyembul pada interiornya yang lebar itu, yakni terpasang audio, dan ac, biar adem.  Mantap tenan. -ronald-

ini perangkat modern, ada ac di interior