Begini, Langkah Awal Mencoba Bisnis Rental Mobil..

serah kunci yang paling disukai perental

Solo-Larisnya rental mobil ketika libur lebaran kemarin menjadi sebuah bukti bisnis rental mobil, sampai skala perorangan pun menjanjikan. Maksudnya menjanjikan mendapat pemasukan tambahan, apalagi bila anda tertarik dan memiliki mobil yang layak disewakan. Mungkin anda bisa mencoba bisnis rental mobil.

Namun begitu bagi pemula, sebelum memulainya ada sederet ancang-ancang yang sebaiknya dipahami.  Seperti yang diutarakan oleh Teguh dari Dgatrans yang bermarkas di Delanggu, Kartasura.  “Saya mengawali dari driver dulu, lalu punya unit mobil. Ketika memulai saya siapkan mobil yang laris itu. Seperti  Avanza, Xenia. Minimal tahun 2013.. Karena penyewa membutuhkan mobil yang muat banyak nyaman dan lebih suka disupiri sendiri. GPS Tracker mutlak mesti ada dan terpasang mobil,” ungkapnya.  “Tujuannya mencegah mobil dilenyapkan. Walaupun ada beberapa kasus tetap ada celah untuk menggelapkan mobil rental. Mencegah masih lebih baik bukan,” yakin dia.

Katanya, rekomendasi juga informasi yang banyak dari sesama pebisnis rental yang telah memulai lebih dulu diperlukan. “Tujuannya keberadaan anda ini diakui. Ikut asosiasi juga perlu. Di asosiasi itu berbadan hukum dan ada pengacara. Soalnya pelaku rental itu tak jarang akan bertemu masalah,” jelas penggemar Toyota Crown tua itu.

Masih kata Teguh, ketika akan memulai menerima konsumen atau penyewa, prosedur rutin perlu dilakukan.. Utamanya bagi penyewa yang baru pertama kali sewa ke anda. “Tanyakan saja semua informasi yang detil terkait calon penyewa. Sebelum serah kunci. Amati KTP apakah sesuai dengan alamat. Lalu cek dulu ke rumahnya secara diam-diam.  Bila sudah yakin. Mobil bisa diantar ke rumah penyewa,” paparnya. Lalu penyewa dikenakan bayar dimuka sesuai harga sewa, dan meninggalkan motor beserta STNK. “Peminjaman pertama kali dari konsumen baru, berdasar pengalaman saya jangan diberi sewa lebih dari 24 jam. Tujuannya berjaga-jaga saja. Oya untuk penyewa baru sebaiknya KTP asli penyewa ditinggal,”  lanjut pria yang juga suka modifikasi motor custom itu..

Satu lagi biaya rental sesuai patokan, sebagai ilustrasi saja. Seperti Solo untuk Avanza pemakaian 12 jam Rp 200 ribu, fullday Rp 300. “Overtime max 3 jam ditambah perjam Rp 30 ribu. Bila lebih dari 4 jam dihitung paket minimal 12 jam atau Rp 200 ribu,” tutup Teguh yang siap dihubungi bila ada yang mau rental mobil, di nomor hape 085866135777.    -dewa-