Mumpung Mudik Di Solo Dan Cari Batik, Mampirlah Ke Pasar Klewer yang Baru

sempatan mampirlah dan belanja batik.

Solo-Mumpung mudik ke Solo dan ingin mencari oleh-oleh batik, monggo mampirlah ke Pasar Klewer. Pasar yang berada di jalan dr. Rajiman Solo, dan tak jauh dari Keraton Surakarta itu kondang dengan surganya jualan batik terbesar di Solo. Pasar tersebut menyediakan beragam motif kain batik. Mau batik cap, batik tulis, dan apapun yang terkait kain batik, ada semua. Saat ini tampilan bangunan Klewer berbeda. Sekarang lebih megah, lebih bersih, nyaman dan parkirannya lebih rapi tertata.

bingung milih??

Buat tahu ya, itu adalah wajah pasar Klewer kini. Bila mau sedikit melihat perjalanan Klewer. Pasar tersebut pernah luluh lantak karena musibah kebakaran sekitar akhir tahun 2014 silam.  Lantas bangunannya, dibangun ulang dan pada 21 April 2017 silam. Klewer dengan wajah anyar dan megah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

ada yang sempit lorongnya…

Klewer baru yang kabarnya dihuni sekitar 1500-an pedagang itu tampak lebih resik nyaman. Bangunan Klewer baru tampak menyediakan lahan parkir mobil dan motor di basement. Selanjutnya ada 3 lantai yang bisa disusuri dengan menggunakan eskalator maupun lift. “Dulu fasilitas itu tak ada, sekarang ada,” ujar Valent Carollina, seorang pedagang baju fashion dan kain batik bernama Langgeng Rejeki di blok Q2, yang sempat dimintai komentarnya terkait Klewer baru.

Ketika mampir ke sana, kondisi Klewer memang seperti apa yang dinformasikannya. Klewer baru lebih nyaman disusuri. Walaupun jujur saja, lorong gang di sana lebarnya tak sama. Ada yang lebar, ada sempit. Selain itu kiosnya berdempetan. Lebarnya juga beda-beda.  Sempat terdengar informasi soal lebar kios di Klewer (saat diresmikan), dikeluhkan beberapa pedagang karena lebih sempit.

nahh yang ini lebar lorongnya…

Namun sebagai pembeli atau konsumen, itu tak begitu penting lah. Yang penting itu semangat jalan-jalan dan belanjanya. Iya kan. Mesti ekstra sabar, pantengin barang yang ada. Maklum barang yang siap dipinang, misalnya kain batik, wah coraknya banyak bos dan bagus-bagus. Jadi malah bingung milih. hehehe…

Lalu soal harga, ah ini relatif ya. Yang pasti yang doyan menawar, nah saatnya menunjukan kepiawaian anda untuk menawar dengan sopan. Namun begitu ada sedikit tips buat belanja di Klewer. ini diutarakan oleh Valent Carollina.  “Pedagang di situ kebanyakan punya pelanggan masing-masing. Bila beli minimal 3 potong, sebaiknya tak usah lagi menawar. Tapi minta saja harga grosir. Pasti penjual merespon dengan memberikan barang jualannya,” senyum Valent yang tak sungkan membagi tips bila belanja di situ.

ada basement nya bos…

Namun demikian, perlu diingat. Klewer bukan sebuah mall bos. Namun sebuah pasar yang resik dan modern, ini sesuai konsepnya. Jangan bandingkan dengan mall yang adem ya. Jadi bila menysusuri Klewer dan membawa buah hati, perlu pengawasan ekstra. “Lebih safe dan jangan lengah. Anak-anak digandeng atau digendong saja. Takutnya pas keasikan belanja si anak malah jalan-jalan sendiri,” wanti Valent panggilannya.  Ia deh bu….-lina-