Mudik Pakai Grand New Avanza, Kenapa Enggak?…

Semarang-Tradisi pulang kampung alias mudik untuk merayakan hari raya idul fitri. Tradisi itu bisa  menjadi pengalaman yang seru bersama anggota keluarga. Tradisi itu juga bisa digunakan sebagai acara liburan bersama keluarga.

Namun, kendaraan yang dipilih pun harus tepat agar mudik bersama keluarga ini selalu nyaman dan aman. Bahkan seperti sudah menjadi karakteristik masyarakat Indonesia,kemanapun bepergian menggunakan mobil dengan banyak penumpang. Nah,b Anda sedang mencari kendaraan roda empat yang nyaman untuk mudik, mungkin Grand New Avanza bisa menjadi solusi yang tepat.

Kenapa Avanza? Bisa jadi karena sejak 14 tahun kemunculannya di Indonesia Avanza dikenal sebagai pelopor mobil keluarga yang melegenda. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 175 jutaan. Grand New Avanza ditawarkan dalam berbagai tipe mesin, mulai dari 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 G, hingga 1.5 S yang kini ganti nama menjadi Veloz.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengungkapkan, Grand New Avanza dan Grand New Veloz didesain lebih nyaman dengan performa mesin lebih tangguh di kelasnya, sehingga kedua produk tersebut menjanjikan kepuasan lebih baik kepada pelanggan.

Sedangan dapur pacunya, menggunakan teknologi Dual VVT-i yang diklaim lebih bertenaga, irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin ini juga minim getaran, sehingga membuat peredaman suara di kabin lebih baik.Terdapat dua pilihan mesin, yakni berkapasitas 1.300cc dan 1.500cc. Berdasar data, mesin 1.3liter, DOHC, Dual VVT-i mampu menawarkan tenaga maksimum 96 Hp dan torsi 120 Nm. Sementara 1.5liter memberikan tenaga maksimum 104 Hp dan torsi 130 Nm.

Adanya pilihan mesin ini bisa jadi opsi pilihan. Untuk mesinlebih kecil (1.3liter) Avanza menawarkan efesiensi bahan bakar lebih baik berbanding dengan pilihan mesin lebih besar (1.5liter). Namun, jika perjalanan ke kampung halaman harus melewati ragam jalur, dari mulai berbelok dan menanjak, tentu pilihan mesin 1.5liter jauh lebih mumpuni untuk melakukan manuver apalagi anda membawa penuh keluarga.

Selain itu, Avanza diklaim sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Indonesia, yaitu kabin lapang dan bagasi yang luas serta mampu menampung tujuh orang penumpang. “Tampilan Grand New Avanza lebih sporty, tangguh dan agresif melalui grill depan yang lebih lebar. Didukung ground clearance atau ketinggian dari tanah mobil ini mencapai 200 mm serta sistem suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan juga per koil pada suspensi belakang, Avanza cukup memberikan kenyamanan bahkan hingga penumpang yang berada di baris ketiga,” jelas Fatrijanto.

Secara umum, Avanza memiliki dimensi panjang 4.150 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm serta wheellbase 2.655 mm, cocok bermanuver di segala jalur atau medan jalan menuju kampung halaman. Sedangkan Di bagian dalam, interior kombinasi warna abu-abu dan oak membuat suasana kabin lebih teduh. Meter cluster baru dan lebih besar sehingga nyaman dilihat, dilengkapi informasi ECO lamp indicator, fuel indicator, indikator lampu utama serta lampu sein.

Sistem hiburan juga komplit, dilengkapi sistem audio baru. 2DIN CD USB AUX (tipe E), 2DIN CD USB AUX Bluetooth (1.3G), dan DVD USB AUX Bluetooth (1.5G dan 1.5 Veloz).Pada kabin baris kedua dan ketiga, penumpang dimanjakan dengan jarak antar jok yang lega dilengkapi Air Conditioner (AC) double blower sehingga udara sejuk lebih cepat tersebar dan mood penumpang lebih terjaga selama perjalanan.

Fitur keamanan juga lengkap. Seperti adanya Isofix yang diberikan pada jok baris kedua untuk mengikat kursi bayi. Menariknya, sabuk pengaman tiga titik ada di setiap jok penumpang plus headrest yang terpisah untuk baris kedua.Selain itu, ada warning seatbelt untuk penumpang, power window dengan jam protection ABS di semua tipe, dual SRS airbag, side impact beam, hingga kunci yang sudah menggunakan teknologi Immobilizer.

“Penjualan Toyota selama ini masih didominasi oleh mobil keluarga, seperti Grand New Avanza, Agya dan All New Innova. Khusus untuk Avanza, di tengah persaingan yang cukup ketat di kelas low MPV, Avanza masih tetap menguasai pasar di Jateng dan DIY dengan market share di atas 46%,”ucap Fatrijanto. Bila berminat, sambangi saja dealer Nasmoco yang tersebar di Jateng DIY ya. -dewa/dok-