Tips Ala Petouring Motor, Mungkin Bisa Berguna Buat Yang Mau Mudik

mending riding sendirian kalau naik motor

Solo-Sering melakukan perjalanan jauh dengan motor, membuat Henry Wijaya paham persiapan yang dilakukan buat touring jauh begitu.  Mulai persiapan tunggangan yakni motor sampai persiapan fisik yang dilakukan.

Persiapan yang sering dilakukan itu, bisa diaplikasi ketika anda mau melakukan mudik ke kampung halaman. Ini penting bro. Walaupun pemerintah menganjurkan, sebaiknya jangan mudik dengan motor. Tetapi pada kenyataannya pasti masih ada saja yang akan mudik dengan motor. Bahkan ada informasi tahun ini pemudik motor akan naik “Sepertinya begitu apalagi buat mereka yang memang hanya punya motor dan suka perjalanan jauh dengan motor atau petouring seperti saya,” kata Leak, panggilan akrab Henry Wijaya. “Namun sekedar saran bila ingin bawa anak, sebaiknya tetap pakai transportasi umum. jangan dibawa pakai motor lah. Apalagi lebih dari berdua atau boncengan sampai 3 atau 4 orang. Jangan lakukan!,” wantinya.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan?. Yang pasti ada poin utama yang biasa dilakukan Leak. Menyiapkan motor dan persiapan diri. Silahkan disimak.

servis lah dulu motornya secara total

– Prepare kondisi mesin motor. Caranya dengan melakukan servis komplit. Ini sangat disarankan buat motor yang usianya lebih dari 10 tahun. “Minimal kondisi kampas kopling, komponen jeroan mesin macam piston, klep, komponen pengapian mesti prima. Termasuk kelistrikan. Semua lampu mesti nyala. Oli diganti, kabel  kopling bila perlu juga diganti. Biar enggak repot  ketika nempuh jalan jauh,” ujarnya.

ban kalau perlu ganti aja

– Kondisi kaki-kaki motor mesti di cek. Terutama kampas rem depan belakang, ban depan belakang.. Bila sudah tipis ganti saja. Temasuk gir dan rantai

gir rantai aus ganti…

-Lantas persiapan diri juga perlu. Kata Leak, Minimal 2 atau 3 hari tidak melakukan aktifitas yg berlebihan seperti begadang.

– siapkan nutrisi yg berhubungan dengan ketahanan tubuh termasuk cairan tubuh. “Saya enggak
menggunakan minuman yg bersifat menahan kantuk, bisa bahaya ke liver dan ginjal. Cukup air putih,” potong leak.
-siapkan atribut yang bisa menahan dehidrasi waktu di jalan. Seperti jaket, sarung tangan, sepatu semata kaki.

-bila kuat jalan malam usahakan untuk pakai pelindung muka dari hewan-hewan kecil malam hari.
-Atribut motor bila ada seperti tool kit, p3k, dan tak menggangu handling bisa dipasang. “Seperti motor saya pakai side box dan top box. Ini buat nampung barang bawaan. Dan supaya saya enggak ribet kalau bawa tas dan tak ganggu handling. Selain itu saya juga pasang lampu tambahan semata-mata penambah penerangan di malam hari.

tolkiit dan p3 k bawa…
top box, side box bisa dipasang di motor buat bawa barang

-KTP SIM STNK wajib di bawa di tempat kan di posisi yg mudah di jangkau tangan
– Awalilah dengan berdoa sebelum perjalanan. “Buat jalan jauh sebaiknya istirahat per 2jam Istirahat lah. Kalau berlebihan malah bikin badan drop,” tutup Leak. -ronald/dok-