Ontoseno, Sepeda Motor atau Motor Sepeda, Pokoknya Mantap Jiwa..

Ontosenoharry jaran..mantap jiwa

Jogjakarta-Perupa Harry Jaran yang multi talenta itu, sukses menggelar Pameran Seni ‘Angin Jawa’ (20/5 s/d 12/6) . Satu karya fenomenal yang menarik perhatian pengunjung adalah unit bus besar blind van bermerk Foton yang bodinya, berairbrush tokoh wayang.dengan warna dasar merah, yang diberi nama Wisanggeni.

bersanding antara wisanggeni dan ontoseno

Selama ‘Angin Jawa’ digelar, Wisanggeni bersanding dengan Ontoseno. Nama tokoh wayang ini berujud sebuah alat transportasi custom. Keduanya mengibarkan judul karya Trabas Nusantara. Kalau suka modifikasi motor langsung bisa menebak, membawa genre boardtracker. Tampak dari bentuk rangka sasisnya. “Mau bilang itu sepeda motor atau motor sepeda, monggo saja bebas. Yang jelas inilah Ontoseno. Saya pasangkan mesin 2 tak 80cc yang saya impor sebagai dapur pacu. Lalu saya modifikasi menjadi seperti ini,” kata Harry Jaran.

lampu depannya unik

Perlakuan Harry terhadap Ontoseno sekali lagi membuktikan dia serba bisa. Semua dimodifikasi di studionya yang berada di salah satu ruang di Pondok Seturan Jogjakarta. Sebuah sepeda berpelek dan berban besar sengaja ditebus. “Saya hanya ambil pelek dan bannya saja. Rangkanya saya diamkan saja. Saya bikin rangka baru dari besi pipa,” potong Harry yang punya pengalaman utak-atik sepeda.

ini kontruksi pedal dengan transfer gir nya
bantalan karet di tromol belakang, kuat nih

Sistem geraknya mantap jiwa bro. Di situ kontruksi transfer gir terhubung dengan pedal sepeda.  Terlihat memerlukan pemikiran yang dalam kala membuatnya. Supaya komponen tersebut bisa berjalan mulus. Harry pun memperlihatkan cara kerjanya dengan riding keliling halaman pameran Pondok Seturan dengan Ontoseno.. Mantap jiwa bro karyamu…-ronald-

jadi trabas nusantara