Di SMR, Jualan Knalpot Naik Di Bulan Ramadhan

smr jualan naik di ramadhan

Jogjakarta-Saiful owner label knalpot SMR Muffler Racing Jogja yang berada di di jalan ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Bantul Jogjakarta mengatakan pada ss, bahwa biasanya ada kenaikan  terkait jualan knalpot di tempatnya. Walaupun saat ini masih dalam skala normal. Hal itu juga diiyakan oleh putranya Syamsul pembalap road race yang ngetop dipanggil Ipin.

“Pasarnya kencang di luar jawa seperti Sumatera, Sulawesi, kalau Jawa itu di Jawa barat. Untuk knalpot 2 tak seperti RX King dan Ninja,” ujar Saiful.

prosesnya full handmade

Ipin yang membantu pemasaran produk ayahya itu malah mengakui ada kenaikan jualan walau perlahan. Padahal produksi knalpotnya di SMR masih ‘ajek’ (sama saja,red) kisaran 10 s/d 15 unit perhari. Lantas soal harganya masih terjangkau. Contohnya untuk knalpot 2 tak seperti RX King, RXZ, bermain di range harga Rp 450 ribu sampai Rp 550 ribu. Untuk Kawasaki Ninja lebih mahal. di harga Rp 650 ribu sampai Rp 800 ribu. “Ini untuk knalpot berbahan plat biasa tebal 1 mm,” katanya.

Kalau bahannya stainless lebih mahal lagi. Untuk 2tak RX King range Rp 1.2 juta sampai Rp 1.5 juta. Ninja Rp 1.4 juta sampai Rp 1.6 juta. “Itu belum termasuk ongkos kirim ke tkp,” lanjut Ipin lagi.

pengalaman sejak lama

Soal naiknya pasar saluran buang jelang hari raya seperti ini, baik Saiful maupun Ipin punya jawaban. Satu faktor karena pengalaman yang panjang (sejak tahun 1988) memproduksi knalpot handmade, serta pelayanan yang membuat konsumen loyal terhadap mereka. “Di kami bisa request suara, gampang diseting disesuaikan setingan mesin, serta kwalitas. Soal balap liar yang masih saja marak, mau tak mau juga faktor sih walaupun tak begitu signifikan,” katanya. -dewa-