Seberapa Penting Fungsi Kaca Spion?

yang orisinal lebih bagus buat memantau

Solo-Enggak hanya buat ngaca, apakah sudah rapi atau belom tampilanmu bro, fungsi penting kaca spion pada motor atau mobil, pastinya buat memantau pandangan ke belakang. Ini penting bro. Tujuannya kewaspadaan.

Satu contoh seperti kejadian mengenaskan yang belum lama terjadi dan dirilis oleh beberapa media. Yaitu kejadian di Ringroad persimpangan Jalan Amal, Medan Sumatera Utara Minggu (28/5), yang menimpa beberapa 5 pengendara motor ketika mereka berhenti di lampu lalin di jalan. Dan akhirnya naas tersapu oleh truk tronton besar yang remnya blong parah. Bila melihat itu, memang  sebuah suratan takdir yang kuasa, yang tidak bisa dihindari. Namun mengambil hikmahnya, apakah terpikir fungsi sepasang kaca spion?.

Terkait tu stangstir.com mencoba ngobrol dengan beberapa biker. “Yang penting bila sudah berada di jalan raya, cermat, waspada terhadap diri kita ketika berkendara adalah mutlak. Buat saya memangtau kondisi jalan di belakang lewat kaca spion penting. Karena bisa saja kita sudah menjunjung tinggi urusan safety. Namun belum tentu yang lain terpikirkan hal itu,” yakin Waris, seorang anggota SAR Rajawali pengguna Yamaha Nmax, memberikan komentar.

“Bayangkan ketika saat itu waspada dan menengok kebelakang melalui spion, bisa meminimalisir kejadian. Paling tidak bisa menghindar buru-buru,” sambung Dodi seorang biker penunggang kawasaki KLX 150 bergaya supermoto.

Dodi menyambung lagi, kebiasaan memantau kaca spion ketika dia berhenti di lampu lalin dilakukan. Tak itu saja, dia mencoba memposisikan berhenti di lokasi yang aman. Maka dia tak melepas peranti spion bawaan motornya, atau menggantinya.  “Yang enak buat memantau pandangan dibelakang, pada motor ya spion bawaan motor. Karena sudah didesain untuk motor tersebut. Jadi saya enggak ganti menggunakan kaca spion variasi yang banyak dijual itu,” yakin dia.

Singkatnya, penting banget fungsi kaca spion bro. Sebaiknya memang tetap dipasang dan jumlahnay sepasang. Ingat ya, selalu berhati-hati di jalan raya ketika berkendara dan harus selalu waspada, dan itu bisa dilakukan dengan mengintip kaca spion ketika berkendara.  -dewa/dok-

posisi begini kalau bisa buat memantau enggak apa..
variasi silahkan asal berfungsi bisa untuk memantau enggak cuam keren modelnya..