Touring Jauh, Usahakan Tiap 2 jam Berhenti

setelah 2 jam istirahat dulu

Solo-Kegiatan touring dengan motor pastinya akan berlama-lama duduk diatas motor. Lantas apakah ada efek buruk bila terlalu lama duduk diatas kuda besi?. Gosip kencang bahwa berlama-lama riding diatas motor akan mengakibatkan efek jelek menghambat faktor kesuburan seseorang, apakah itu betul?.“Itu belum sepenuhnya betul, atau enggak selalu begitu, ” tangkis dr.Wibisono.Sp.U. yang bertugas di RS PKU Solo.

Berdasarkan paparannya ketika akan melakukan kegiatan touring dengan motor perlu beberapa kegiatan untuk memulainya. Idealnya seorang biker perlu prepare. Diantaranya selain mempersiapkan motor, dan perlengkapan (berkendara jaket sarung tangan helm), seorang rider perlu melakukan streeching atau peregangan otot dulu. Secukupnya saja setelah itu barulah melakukan perjalanan touring.

Lalu ketika melakukan riding jauh itu, sebaiknya perlu juga berhenti untuk beristirahat. Hal  itu diperlukan karena selama riding anda akan banyak memerlukan konsentrasi. “Yang ideal tiap 2 jam sebaiknya berhenti beristirahat. Ketika berhenti anda bisa melakukan buang air kecil. Bila terlalu lama menahan buang air kecil juga membuat kandung kemih penuh. Sebaiknya dikeluarkan atau dibuang. Bila haus sempatkan minum air putih. Itu yang ideal. Pokoknya ketika haus, ya minum secukupnya. Yang penting jangan sampai dehidrasi. Baru setelah itu lanjutkan perjalanan lagi,” papar dokter yang doyan riding dengan moge BMW R1200. Tuh bro disimak, ojo gas pol wae. –dewa/dok-

 

dr wibisono usahakan berhenti tiap 2 jam
setelah 2 jam gas lagi