Peugeot 504’1975 dan 505GR ‘1983, Usia Beda, Namun Gaya Sama…

usia beda jauh, tapi bawa gaya sama

Solo,stangstir.com-Sama-sama 1 label, Peugeot namun beda akte lahir. Yang coklat susu seri 504 keluaran 1975 milik Priyo Jatmiko. Satunya yang berwarna ‘endog asin’ itu 505GR kelahiran 1983, milik Faried.

pertahankan orisinalitas

Kedua owner mobil itu sama-sama tergabung dalam Paguyuban Peugeot Surakarta (PPS) . Juga sama-sama berbodi subur. Namun yang menarik bukan itu sih tetapi kedua mobilnya. Sepintas satu aliran atau gayanya sama. Yaitu orisinal, vintage dan sedikit custom namun  tetap pada pakemnya, Sepertinya gaya itu dipilih karena konsep itu enggak lekang dimakan. Alias enggak ngebosenin.

mesin masih tokcer

Selanjutnya dari kedua Peugeot  ini yang menarik adalah cerita dapatnya dan proses restorasinya. Yok kita mulai dari 504 milik Priyo Jatmiko.

“Dulu waktu dapat kondisi menyedihkan. Ngejogrok di bawah pohon mangga. Yang punya seorang kakek-kakek yang  berusia 90 tahun. Kondisi mobil sudah nyaris jadi bangkai.  Separuh rodanya sudah terpendam masuk ke tanah. Untungnya masih orisinal semua. Dokumennya lengkap dan pajaknya hidup,” bangga Priyo yang biasa dipanggil Koko.

dasbor utuh..

Selanjutnya proses restorasi dilakukan. Langsung ditarik ke bengkel langganan. Lalu melakukan rekondisi mesin. Kabel bodi semua diganti baru. Kaki-kaki diremajakan dan banyak deh.

Lebih beruntung nasib Peugeot 505GR endog asin. Mobil itu milik Faried. Cat nya hampir seuanya masih bawaan pabrik. Beberapa bagian bodinya malah terlihat sudah rada mengelupas catnya. Namun itu dibiarkan. Menandakan kondisi cat asli yang mulai pudar dimakan waktu.

ini asli bos bawaan dari dulu…

Itu dari eksterior, bagian interior juga masih orisinal. Bahkan radio tape yang terpasang itu masih bawaan mobil ini ketika dibeli dulu. Dasbor, doortrim utuh, termasuk jok yang terbungkus lapisan anyar. “Tapi kalau ini dibuka, semua masih bawaan pabrik,” bangga Faried yang mukim di daerah Gading.

doortrim utuh..

Mesinnya masihnya tokcer. Mau dibawa dolan kemanapun masih oke. Intinya sangat terawat. Ngomong-ngomong dapat dari mana?. “Faried dapat dari saudaranya. Ibu-ibu yang sudah sepuh, warisan dari almarhum suami nya.  Mobil itu tangan pertama dari baru. Cat nyaris full ori (95%). Kaca mobilnya dari baru belum pernah di tempel kaca film,” ujar Koko selaku jubir Faried.

ban ada stripe putih…

Satu kesamaan lagi antara keduanya adalah pilihan ban dengan stripe putih, GT Champiro 185/75 R14. Tujuannya, apalagi kalau bukan membuat tampilannya makin klasik.  -moen-

 

spesifikasi 505GR 1983-mesin:2000cc 4 speed-karburator:orisinal-Pengapian:platina orisinal-AC,PS,CL-ban: GT Champiro 185/75 R14.

spesifikasi 504 1975-ban:GT Champiro 185/75 R14-AC,PS,CL,PW-Alternator:IC Motorola- karburator: 505GR-Extra fan:505GTI.-Cylinder head & intake manifold:504 ‘1973, Audio:Pioneer Usb
Headrest:lcd-Discbrake:4 roda, Grill foglamp:Hella-