Strategi Jualan Mobil Bekas, Stok Jualan Mirip Baru, Atau Yang Aman…

kondisi nyaris mirip baru

Solo,stangstir-Hadirnya mobil baru yang digelontorkan para APM lengkap dengan segudang promo pembelian dengan dp yang minim, membuat penjual mobil bekas (mobkas) yang ada mesti punya langkah jitu untuk tetap bisa jualan.

jualan VTEC..ini yarisnya..mulus banget, km rendah
slow respon enggak masalah

Hal ini diakui oleh pemain mobkas Hendree dari VTEC Automobile yang punya showroom rumahan di jalan Cokrobaskoro 11 Solo. Pria yang sudah lama bisnis jual beli mobkas mengakui omset jualan mau enggak mau terpengaruh. Salah satu faktor gelontoran mobil anyar dengan promo dp minim. Dimana segmennya membidik pengguna motor untuk beralih ke mobil.

“Sehingga banyak konsumen memilih mobil baru. Misal dengan dp dibawah Rp 10 juta sudah bisa ambil mobil baru. Beda kalau beli mobkas. Bila ingin melalui pihak leasing, dp-nya minimal  sekitar 35% dari harga jual mobkas yang ditawarkan itu. Tapi perlu dipikikan juga dp rendah, cicilannya juga besar lho,” wanti Hendree yang konsen jualan mobil bekas kelas menengah atas.

jualan autoz..main aman
cepat modalnya mutar…

Tak hanya dirinya Oscar Aulia owner gerai mobil bekas rumahan, Autoz di jalan Blewah Raya nomor 2, Karangasem Solo punya alasan yang sama. “Kalau sepi itu memang kondisinya begitu. Adanya dp murah atau paket hemat itu ya ngaruhlah ke jualan mobkas. Saya kulak All new Civic sudah 2 bulan masih ada,” aku Oscar sapaannya, yang ngaku fokus ke jualan menengah.

Maka baik Hendree dan Oscar, punya strategi masing-masing terkait kondisi sepi. “Saya tetap optimis namun slow respon saja. Kalau cari  barang jualan, pilih mobil bekas yang kondisinya benar-benar prima, atau nyaris seperti baru. Enggak ada spet. Jadi enggak apa kalau disimpan rada lama,” yakin Hendree yang biasa dipanggil Blowok.

Sedangkan Oscar mengaku juga punya strategi. Yaitu mencoba fokus kejualan yang diminati pasar. “Artinya kulak aman yang pasarannya stabil. Kadang untung tipis enggak apa asal masih bisa mutar kulakannya,” yakinnya. Oscar melanjutkan, bahwa dirinya sebetulnya lebih suka kulak mobil bekas dirange hargaRp 50 s/d Rp 70 juta. “Lebih cepat mutar modalnya. Namun resikonya juga ada. Nyimpen kelamaan malah bisa  dandan terus,” kilahnya.  –moen-

 

Jualan VTEC Automobile 0811264364-Toyota Yaris TRD Sportivo A/T 2016 Rp 220 juta (30.000 km)-Honda CRV 2.0 A/T  2014 Rp 320 juta-Toyota Camry 2.4 A/T 2012 Rp 230 juta-

Jualan Autoz 082138886656-Honda CRV 2001 A/T Rp 88 juta-Toyota Absolute 1996 Rp 42 juta-All New Civic 2.0 A/T 2006 Rp 158 juta-All New civic  1.8  2007 Rp 153 juta-Ford Everest XLT 2005 Rp 135 juta.