Kendala Knalpot Slip-on, Ganti Aja Ulir Pernya…

ulir per pengikat lepas satu. karena ulir pernya enggak kuat...

Solo,stangstir-Kendala silencer model slip on biasanya adalah per pemegang silincer yang kurang kuat. Akibatnya ketika motor dipakai riding dan ngebut, tahu-tahu suara knalpot jadi lebih keras. Setelah diselidik, suara keras karena silincer enggak lagi terpegang kuat dengan pipa knalpot. Atau ada kebocoran.

Problem begini memang enggak selalu menimpa biker yang gunakan knalpot model slip-on, namun bukan berarti enggak ada. Hal ini diyakini oleh Jombik, tuner yang buka bengkel dekat Tugu Lilin Pajang, Solo (depan Holland bakery).

yang begini enggak kuat..ulir per jadi satu dengan pengaitnya..

“Penyebabnya sepele karena ulir per pengunci silincer lepas.Lepasnya ulir per itu karena kontruksi ulir pernya enggak kuat. Modelnya ulir pernya seperti ini, ulir per standar motor. Kait pengikatnya jadi satu dengan ulir pernya,” papar Jombik.

ini ulir per baja yang fleksibel di kait ujungnya..

Jombik lalu menunjukan ulir per silincer knalpot yang tak recomended. Sebagai ganti dia menyarankan ulir per knalpot yang berbahan baja dan kontruksi pengait di masing-masing ujung ulir per, enggak menyatu dengan ulir per itu sendiri. Jadi ketika kena getaran, gerak pengaitnya lebih fleksibel. Juga karena bahannya baja, akan mengikat silincer dengan kuat.

ini baru kuat atas bawah pakai ulir per baja yang fleksibel

Lantas dimana cari ulir per begitu?. Kata Jombik ulir per begitu bisa didapat di pasar Triwindu Solo,  pasar yang biasanya jualan barang antik. “Tepatnya di lantai 2, kios pak Kromo. Soal panjang ulir per bisa dicari sesuai kebutuhan,” tutup Jombik yang kasih nomor hapenya 081329566969. Banderol  harga ulir per itu kisaran Rp 30 ribu sepasang.    -woer-