Pelatihan Safety Riding Buat Biker Pengguna Motorsport

peserta pelatihan Safety Riding bersama Honda Big Bike Yogyakarta & Friends, pemanasan peregangan otot sebelum masuk ke dalam sesi praktek.

Yogyakarta,stangstir-Pelatihan safety riding bagi anggota komunitas motor sport digelar oleh Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas pada Sabtu (4/2).

Pelatihan yang digeber pada Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta di Jalan Magelang Km 7,2 Sendangadi, Mlati, Sleman, itu diikuti 25 pengendara motor sport dari Komunitas Honda Big Bike Yogyakarta & Friends.

Nah pentingnya pelatihan safety riding ini dilandasi atas kesadaran bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan. Tak terkecuali dengan anggota komunitas yang berkendara dengan motor sarana transportasi ataupun sebagai hobi. Ancaman keselamatan berkendara bisa datang dari diri sendiri, orang lain ataupun lingkungan dimana seorang pengendara berada.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Namun demikian ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.” ungkap Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta Triyanto mendemonstrasikan cara melakukan cornering dalam materi praktek slalom course.

Materi pelatihan adalah teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi tiga materi yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Secara singkat isi ketiga materi praktet tersebut sangat penting. Diantaranya materi braking . Di sini peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Seperti Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil.

Sedangkan Untuk lebih melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank. Dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan.

lantas untuk materi ketiga adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan.

Satu lagi materi tambahan. Yaitu peserta yang sebagian merupakan pengguna Big Bike juga mendapatkan materi teknik mendirikan Big Bike yang roboh. Materi ini cukup menarik mengingat mendirikan Big Bike dengan bobot yang relatif berat akan sangat sulit jika tidak dibarengi dengan teknik yang benar.– warrace/dok.astramotoryogyakarta-