Yamaha NMAX, Ini Yang Diperhatikan Bila Ganti Pelek lingkar 14 inci

spatbor dinaikin dikit posisinya

Solo, Stangstir – mengganti pelek dengan lingkar yang sedikit lebih besar belakangan marak dilakukan rider pengguna Yamaha NMAX. Ini karena pelek bawaan NMAX  hanya berukuran 13 inci. Lebarnya  pun hanya 2.50 depan dan 3.50 belakang. Ada yang bilang kurang besar dan kurang gagah.

tergantung ukuran ban

Belakangan, tersedia pelek variasi untuk NMAX  dengan lingkar roda 14 inci. Label yang ngetop Racing Boy, dan Rossi. “Pelek tersebut juga lebih lebar bila dibandingkan pelek bawaan NMAX. Yang depan lebarnya 3.50 kalau yang belakang 4.00. Bila mau diaplikasi memang bikin keren NMAX. Namun ada yang perlu diperhatikan,” yakin Benny Lauw dari bengkel modifikasi, Aneka Modification  di jalan Yos Sudarso Kratonan Solo.

bagian lengkung U standar tengah dicoak sedikit

Benny lalu memaparkan. Aplikasi pelek begitu pastinya perlu diikuti dengan penggantian ban juga. Nah soal ban ini yang perlu dicermati. “Beda merk akan diperlukan modifikasi. Yaitu pada ban belakang. Ketika menggunakan merk Swallow 140/70R14, saya enggak perlu memodifikasi lengkungan U standar tengah. Namun ketika konsumen saya pakai ban FDR Evo dengan ukuran yang sama 140/70R14, saya perlu mencoak sedikit U standar tengah. Ini karena tapak ban itu mepet atau menyentuh lengkung U standar tengah. Sehingga ban enggak bisa berputar, ” yakin Benny.

Analisa Benny, kembangan tapak ban ban FDR Evo lebih tinggi sedikit, sehingga tapaknya bersinggungan dengan standar tengah. Solusinya gampang, pakai ukuran ban 120/70R14. Namun bila dipasang, diakui kurang menarik. Kurang lebar.

“Yang pas itu ukuran 130/70R14. Cuma enggak ada, sulit dicari. Nah bila ngotot tetap ingin pakai ukuran ban 140/70R14, problem begitu juga bukan masalah. Tinggal memodifikasi lengkung standar tengah, problem ban mepet enggak bisa berputar akan teratasi.

Sedangkan untuk pelek depan menggunakan ban ukuran 120/80R14, itu enggak ada masalah. Kata Benny hanya perlu meninggikan posisi spatbor depan. Untuk pelek bermerk Racing Boy, biasanya disertakan plat besi untuk meninggikan posisi spatbor depan.  .Woer.

 

Aneka Modification 081548500545