Modifikasi Bukaan Kap Mesin Ala Hummer!

Begini kalau kap mesinnya dibuka, grill ikut kelipat ke dalam

Solo, stangstir – Proses membuka kap mesin enggak lazim dijumpai pada Suzuki Jimny Sierra milik Moerty,owner bengkel Jip yang berada di jalan Kluwak, Faroka Solo.

Proses membuka kap mesin jipnya enggak seperti jip kebanyakan.Namun kap mesin itu dibuka mengarah berlawanan dengan bukaan aslinya. Uniknya nih, fender kiri dan kanan depan ngikut terangkat dengan kap mesin. Grill depan beserta headlamp terlipat ke dalam. Mengingatkan kita seperti bukaan kap mesin jip Hummer.

Begini kalau kap mesinnya ditutup
Begini kalau kap mesinnya dibuka, grill ikut kelipat ke dalam

“Idenya memang terinspirasi Hummer. Saya coba lakukan pada Suzuki Jimny SJ410.Ternyata bisa. Imbas dari bukaan kap mesin ala Hummer itu, jeroan ruang mesin terpantau semua, ketika kap emsin terbuka. Memudahkan ketika mau oprek mesin,” bangga Moerty.

Dari samping, kap dan fender nyatu bisa dibaut atau dilas

Menurutnya, enggak sulit memodifikasi bukaan kap mesin seperti itu. Dengan membuat engsel pada grill depan bagian bawah,diikuti dengan membuang ganjal body bagian depan jip.Engsel tersebut pakai plat strip, atau bisa beli jadi pakai engsel pintu, juga oke. Lalu dilanjutkan dengan memotong fender bagian dalam kiri kanan sesuai selera. Mau straight lurus atau mau miring.

Engsel custom dibawah grill

Jangan lupa melepas engsel bawaan kap mesin. Bila sudah, bisa  dilanjutkan merekatkan tutup kap mesin dengan fender kiri dan kanan. Proses tersebut bisa dilakukan dengan las, atau dibaut.

“Saran saya, Lebih baik dibaut. karena bila bosan dan mau mengembalikan ke bentuk semula, lebih mudah,” kata Moerty lagi.

Fender bagian dalam utuh

Supaya memudahkan proses buka tutup, pada bagian dalam kap mesin ditopang 1 unit sokbreker pintu belakang. Tertarik memodifikasi seperti itu?. Nih nomor hape bengkel sas 4wd. 081386976503. teks/foto;Moen